Insiden Monas, FPI & AKKBB

Jun 3rd, 2008, in Id, by

Video tindak kekerasan Front Pembela Islam saat parade kebebasan beragama di Jakarta, dan tanggapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Video pemberitaan serangan Front Pembela Islam (FPI) terhadap Aliansi Kebangsaan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) yang berkumpul di Silang Monas, Jakarta menandai peringatan hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Juni. Sekitar 200 orang anggota FPI memukuli ratusan pendukung AKKBB, menuduh bahwa AKKBB melindungi Jemaat Achmadiyah.

Dari banyak reaksi atas tindak kekerasan FPI, berikut adalah reaksi dari President Susilo Bambang Yudhoyono:

Saya sangat prihatin dengan apa yang terjadi kemarin, terhadap penyerangan yang dilakukan oleh organisasi tertentu dan orang-orang tertentu, hukum harus ditegakkan.

Artikel ini diterjemahkan oleh Lyn dan Anna dari versi bahasa Inggris – FPI & Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama.


756 Comments on “Insiden Monas, FPI & AKKBB”

  1. avatar Kang Kabayan says:

    Terserah lah, loe pade mo ngomong apa, yang penting Ahmadiah udah dibekukan. Siapa yang nentang berarti menentang hukum dan harus ditindak tegas, kalau perlu dihancurkan. Tidak ada tempat buat penista agama di negeri ini.

  2. avatar Janma says:

    Siapa yang nentang berarti menentang hukum dan harus ditindak tegas, kalau perlu dihancurkan.

    Tapi FPI melanggar hukum tidak apa2? Dasar Munafik!

  3. avatar djoko says:

    sabar itu tidak ada batasnya…apa nga bisa ngobrol pendekatan… dengan damai, enjoy,
    sejuk…hey kalo mau tahu satu aja contoh rosul ”
    Rosul tiap hari diludahi ama orang kafir baduy jahiliyah – sekalinya dia sakit Beliau paling dulu ngejenguknya, ape yang orang baduy bilang Muhammad hari ini detik ini saya masuk islam engkou yang jadi saksinya…”contoh mah jangan h riziq, gusdur, banser, ansor, FPI…. tuh Rosululloh SWT,…makanya harus kenal ama Rosullulloh Muhammad SAW… dia itu disebut Quran berjalan.. kemana aja dia pergi atau beraktivitas, bersosial dll, jadi panutan contoh…

    “hidup Islam rahmatan lilalamin…!!!!!!”

    amiiin

  4. avatar pribumi says:

    Usir habieb2 radikal dari Indonesia! Sejak mereka bertingkah, Ibu pertiwi hancur dibikin mereka. Kalo para bule dan chinese bisa ditendang dari NKRI karena tidak bikin damai, buat keadilan yang sama kepada habieb2 radikal ini!

    Untuk TNI, PDIP, GOLKAR, PPP, PAN, PKB, PD, dan gerakan2 mahasiswa nasional, mari bersatu menyelamatkan ibu pertiwi. Jika tidak, sebentar lagi NKRI akan menjadi Negara Islam Taliban Indonesia. Belajar dari sejarah, jangan mau dibodohi oleh orang2 luar yang datang untuk mengacau negeri kita!

  5. avatar dorce bala bala says:

    jangan main-main dengan kata ISLAM…… semua yang dilakukan FPI sudah benar karena mereka sebelumnya sudah melakukan pendekatan persuasif (lunak) namun tidak di tangapi……dan itu sudah lama FPI lakukan. Kejadian kemarin yang memulainya adalah bukan Pihak FPI ( ini ada rekaman videonya)…saya harap semuanya jangan asal bicara bila tak tahu keadaan sebenarnya…. oh ya salam buat surabaya ……apa masih kurang azab LAPINDO…? sekali lagi jangan asal bicara bila tak tahu kenyataannya…..

  6. avatar udin says:

    ahmdiah dah dibubarinmah lega…..

  7. avatar pribumi says:

    Seperti Taliban, FPI dan ormas Islam radikal tidak akan berhenti sampai di sini. Pertama mereka mengincar kristen (SKB pembangunan gereja), lalu menyerang Islam non-mainstream (seperti Ahmadiyah akhirnya keluar SKB juga), lalu Hindu dan Budha (contohnya seperti Bom Bali dan berbagai bom yang diledakkan Taliban untuk menghancurkan patung2 Budha di Asia selatan).

    Umat Islam moderat dan non-Islam (Kristen, Hindu, Budha), mari kita bersatu karena FPI sudah mendapat angin dan dana segar dari Arab Saudi (kaum Wahabis). Jangan sampai lengah, apalagi menjelang pemilu tahun depan. Kalau PKI mencoba mengganti dasar negara Pancasila dengan komunisme dan akhirnya bisa kita bantai 30 tahun yang lalu, kelompok mana pun yang mencoba mengganti Pancasila tidak akan segan2 kita bantai juga walaupun dengan dalih agama atau mengatasnamakan Tuhan.

    Usir Habieb Rizieg kembali ke habitat asalnya. Ini bukan Malaysia dan Arab Saudi. Ini NKRI, Nusantara yang penuh dengan perbedaan tapi tetap bersatu. Penduduk Indonesia selalu damai dengan para tetangga mereka, dan selalu rusuh setiap kali ada konspirasi dari pihak luar (PKI, DI-TII, Permesta, FPI). Cinta tanah air? GANYANG FPI!

  8. avatar Abdul Khalid al Jumhuri says:

    dorce bala bala bilang:

    “jangan main-main dengan kata ISLAM…… semua yang dilakukan FPI sudah benar karena mereka sebelumnya sudah melakukan pendekatan persuasif (lunak) namun tidak di tangapi…”

    Memang, jangan main-main dengan FPI! Menurut pakar intelijen Bp. Soeripto mantan pejabat tinggi BIN dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) FPI sudah disusupi oleh CIA, Mossad, dan Yahudi Zionis terkutuk. Itulah sebabnya kita perlu mengatur FPI agar jangan sampai mereka Zionis. Tobatlah FPI, jangan membela Jahudi!

  9. avatar Rambutan says:

    jangan main-main dengan kata ISLAM…… semua yang dilakukan FPI sudah benar karena mereka sebelumnya sudah melakukan pendekatan persuasif (lunak) namun tidak di tangapi……dan itu sudah lama FPI lakukan.

    Baca Tempo edisi terbaru. FPI adalah organisasi preman yg pakai label Islam. Mereka sering terima uang ‘keamanan’ dari tempat hiburan yg pernah mereka serang. FPI harus dibubarkan dan HaBabi Rizieq dan kroco2nya dihukum seberat-beratnya.

  10. avatar helmy says:

    Pers salah besar meletakkan FPI sebagai pihak yang salah. Karena pers hanya melihat kejadian yang terjadi di MONAS. Seharusnya, mari kita lihat KRONOLOGI TERJADINYA TRAGEDI MONAS ITU.
    Saat itu, Ormas ormas Islam termasuk FPI sedang mengadakan AKSI DAMAI di MONAS, dan itu sesuai dengan izin alias kooperatif.
    Disisi lain, Aliansi kebangsaan kebebasan beragama (AKKB) sedang melaksanakan demo juga di tempat lain sesuai izin yang berlaku.
    Tiba-tiba, di tengah aksi demo AKKB, mereka pindah alur demo ke arah MONAS yang saat itu sedang digunakan oleh ormas Islam untuk aksi damai. HAL INI SUDAH MELANGGAR KETENTUAN DEMO TERSEBUT DENGAN MENGUBAH ALUR DEMO KE ARAH MONAS.
    Dan parahnya lagi, ketika AKKB sampai di MONAS, MEREKA MENERIAKKAN KALIMAT-KALIMAT YANG MEMERAHKAN TELINGA, SEPERTI PREMAN-PREMAN BERJUBAH (yang dimaksud adalah Muslim, yang erat hubungannya ke FPI bagi AKKB), lalu juga BANDIT BANDIT BERJILBAB, dan laen laen.
    Dan AKKB menembakkan pistol ke arah langit (atas) sebanyak 4 kali.
    PERTANYAAN : JIKA ANDA MANUSIA, WAJARKAH ANDA MARAH KETIKA ANDA DIEJEK HABIS HABISAN DAN DIPANASKAN DENGAN TEMBAKAN KERAS KE ATAS?
    JAWABANNYA ADALAH YA.
    Otomatis, FPI marah. Dan pada saat ini posisi YANG SALAH PERTAMA KALI ADALAH AKKB, BUKAN FPI!!!
    Dan siapa orang AKKB yang merubah alur ke arah MONAS??? (WANTED)
    Saudaraku, saya pribadi mengajak kawan2 untuk menjawab dengan tegas mengenai siapa yang salah ??? Dan jawabannya adalah AKKB.
    Lihatlah FPI, mereka kooperatif ketika penangkapan mereka. Lalu kemana orang-orang AKKB ??? Melarikan dirikah??? Pasti ….
    AKKB merupakan Aliansi Kebangsaan Kebebasan Beragama. Organisasi biasa yang mendapatkan dana dari luar negeri. Anggotanya berisikan orang-orang dari semua agama. Namun, tahukah anda siapa wakil Islam dalam AKKB, mereka adalah Juru Bicara Ahmadiyah dan para pemuka Jaringan Islam Liberal. Dan anda bisa tersenyum (sinis) sekarang dengan berkata, “ooohhh ternyata begitu!”.
    FPI. TIDAK BOLEH DIBUBARKAN!!!!!!!. Mengapa? Karena HANYA FPI SATU-SATUNYA ORGANISASI ISLAM DI INDONESIA YANG BERANI MEMPERTAHANKAN AQIDAH DENGAN MELAWAN KEMUNGKARAN DAN AMAR MA’RUF.

  11. avatar Abdul Khalid al Jumhuri says:

    helmy bilang:

    “PERTANYAAN : JIKA ANDA MANUSIA, WAJARKAH ANDA MARAH KETIKA ANDA DIEJEK HABIS HABISAN DAN DIPANASKAN DENGAN TEMBAKAN KERAS KE ATAS?
    JAWABANNYA ADALAH YA.
    Otomatis, FPI marah. “

    Oooo, gitu toh. Jadi kalau marah berarti kita semua berhak mukulin orang lain, termasuk yang sudah dimasukin ambulans, perempuan, dan anak-anak juga? Kalau begitu kalau Garda Bangsa, Barisan Nusantara, Ansor dll. marah ke FPI lantaran ucapak Riziq yang di TV lidahnya nauzubillah itu, berarti boleh juga ngamuk ke FPI? Gitukah nalarnya? Wah, saya nggak ngarti, setahu saya yang begitu nalar gemblung dan hanya akan bikin negara rusak adanya.

    “Lihatlah FPI, mereka kooperatif ketika penangkapan mereka. Lalu kemana orang-orang AKKB ???”

    Oooo, gitu toh. Jadi itu kooperatif ya, masang bambu nutupin jalan umum, ngumpulin massa banyak-banyak buat nakut-nakutin orang, dan berbuat semaunya itu juga OK asalkan “mempertahankan aqidah” gitu ya? Kalau yang begini dibilang kooperatif itu juga nalar gemblung (jilid 2). Ini bikin negara makin mahal saja, masak cuman buat nangkep seorang Riziq pakai pasukan segitu banyak. Lha lantas nanti kalau ada orang yang bikin onar lain, orang tersebut berhak nutupin jalan, ngumpulin massa, nakut-nakutin dsb. dst. gitu. Weleh-weleh, ini sih gemblung jilid 3.

    Lagian, numpang tanya aqidah siapa ya? Aqidahnya impor Wahabbi Arab Saudi atau aqidah Islam dari Allah SWT? Numpang tanya siapa dari kaum wahabbi yang ikut-ikutan bikin negara Indonesia dari tahun 1908-1945? Tahun 1928 wahabbi masih merangin saudara-saudaranya sendiri bangsa Arab bersama dinasti al-Saud. Itu sebabnya negaranya disebut Arab Saudi.

    Bener kata Bp. Soeripto (PKS) FPI=agen Zionis, CIA, Yahudi! Tamengnya aqidah, tapi perbuatannya? …. (saya nggak mau ngotorin tangan)…

  12. avatar r o s e says:

    Front Pembela Islam namanya seolah mewakili Rich-nya suatu tindakan Islamic, sayang suatu organisasi tampak baik atau buruknya ditentukan personil di dalamnya, perihal islam lebih di tentukan big BozNya.

  13. avatar nadyaThalib says:

    ya ALLAH…kok islam jd kyk gn ya???bnr berarti yg ada di al-quran klo salah satu tanda2 kiamat tuh ya bnyk manusia yg mengaku jd “RASUL”..
    sadar g sih klo kaum nasrani lg ketawain kita??????tnpa mrka mengkristenisasikan kita scra nyata, kita sndri dah buat perpecahan dlm islam. mending aliran2 yg diluar ajarannya ALLAH dan RASULNYA itu kluar aja deh dari islam, trus mau mati kek, mau buat rasul2an kek, mau didatangin wahyu dr gunung merapi pun g papa asalkan jgn mengatas nmkan “ISLAM”.
    sebenarnya ini smua krg tegasnya dr pemerintah!!!!klo pun dah ada kejelasan ttg sesuatu yg salah ya lgsung aja ngluarin fatwa biar g ada klompok2 yg mulai geram dg menunggu dan akhirnya beraksi. FPI tlah membuka mata kita untuk melawan sesuatu yg mencemarkan islam tp caranya aja yg slh!!!!
    org yg membuat aliran2 baru itu adalah org2 yg g tau bnr isi di dalam al-quran. bhkan walupun tau mrka sengaja cr cela dmn bisa membuat aturan2 sndri….
    klo sudah masalahnya ttg beda pendapat wah itu bkal jd panjang,,jgnkan di masyarakat saling rusuh wong di dalam DPR aaja srg beda pndapat dan akhirnya berantem jg kok!!!!\

    btw, buat pengikut2nya gusdur boleh aja kelaut api alias neraka deh…apa yg jelas2 nyata bnr eh mlh di blg salah!!!dasar!!!!

    oh iya, g lupa buat org2 yg buat aliran2 g jelas mrka itulah yg di sebut TERORIS dlm agamanya sndri!!!!

    ASSHADUALLA ILAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA MUHAMMADARUSLULLAH!!!!
    dg pegangan 2 kalimat syahadat diatas insyaALLAH iman kita g akan goyang bro!!!!

  14. avatar Lairedion says:

    Begitulah keadaannya Indonesia kini. Selama mayoritas masih percaya pada dongeng peri yg bernama Islam negara Indonesia ini gak pernah maju.

  15. avatar pribumi says:

    Oooo, gitu toh. Jadi kalau marah berarti kita semua berhak mukulin orang lain, termasuk yang sudah dimasukin ambulans, perempuan, dan anak-anak juga? Kalau begitu kalau Garda Bangsa, Barisan Nusantara, Ansor dll. marah ke FPI lantaran ucapak Riziq yang di TV lidahnya nauzubillah itu, berarti boleh juga ngamuk ke FPI? Gitukah nalarnya? Wah, saya nggak ngarti, setahu saya yang begitu nalar gemblung dan hanya akan bikin negara rusak adanya.

    Betul. Ini salah satu kesalahan berlogika. Dalam pengajaran di kampus2, kesalahan2 berlogika diperkenalkan dalam wacana berdiskusi dan memutuskan sesuatu. Kesalahan berlogika / logical fallacy ini biasanya disebut Tu quoque (“and you, too”). Artinya bahwa “kesalahan orang lain bertindak tidak bisa kita jadikan alasan untuk bertindak hal yang salah juga.”

    Tampak jelas bahwa alasan FPI “karena kami diprovokasi, makanya kami membalas” menjadi tanda bahwa pencetus alasan tersebut memang gak pernah kuliah / lulus kuliah.

    Sudah saatnya rakyat diberikan pendidikan [politik] yang cerdas, bukan malah teror, intimidasi dan kesalahan berpikir dalam logika.

  16. avatar fahmi caah mblitar tenan says:

    sepakat untuk semua diskusi ini, tapi mari kita pelajari secara tuntas..semuanya, ya pancasilanya dan sejarahnya, ya Islam sampai ilmu-ilmu dasarnya, ya Gus Dur dengan segala kata-katanya tanpa di plintir, ya habib rieziq sampai nasab kelembutanhatinya thooriqohnya..sampai dibela ibu-ibu tetangganya..Banser didirikan al marhum Kayyubi yang selalu menenteng pistol di mana-mana..jangan emosi.Negara ini butuh dipikirkan daan diperbuati.. Yang bicara Islam, keras atau moderat?lihatlaah sejaraah Ali vs Mu’awiyah..lihaatlaah bagaimana bangganya Nabi Muhammad saat fathi makkah..oraang Mekah dulu kaafir semua…mari belajar dan saaling kasih info dengan tuntas. Klaim paling Islam, Klaim paling Paancasilais, Klaim paling UUD-is..adalah saama-saama radikalnya..bahkan klaim paling komunis sekalipun..Sooekarno ‘Paling Pancasilais’ jaaman orla, suharto juga…Gus Dur ‘Paling Plura’..tan Malaka Juga..Banser mempertahankan setia NKRI-Pancasila..dan Aiditlah yang menculik Soekarno-Hatta dan memaksanya memproklamirkan Indonesia dengan Pancasilanya…Para habaib mendakwahkan citra Islam..melalui habib Hasaan aalias raden faatah pendiri dinasti jawa Islam…semuanya berjaasa..

  17. avatar janma says:

    AKKB merupakan Aliansi Kebangsaan Kebebasan Beragama. Organisasi biasa yang mendapatkan dana dari luar negeri.

    FPI juga dapat dana dari luar negeri tahu!

  18. avatar djoko says:

    FPI. TIDAK BOLEH DIBUBARKAN!!!!!!!. Mengapa? Karena HANYA FPI SATU-SATUNYA ORGANISASI ISLAM DI INDONESIA YANG BERANI MEMPERTAHANKAN AQIDAH DENGAN MELAWAN KEMUNGKARAN DAN AMAR MA’RUF.

    Berani2nya ma ibu2 n anak2 kecil aja…. toh di jawa aja kantor2 FPI didatengin ma nahdiyyin mah bubar sendiri saking takutnya… wong ahmadiyah mesjidnya dah dibakar pun blon bubar jg, mosok yg katanya ‘berani mempertahankan aqidah’ kyk FPI baru didatengin aja malah dah langsung kabur… heran gw….

    Lihatlah FPI, mereka kooperatif ketika penangkapan mereka.

    Munamaran aja berhari2 kabur kyk pengecut kok… baca koran apa seh susahnya?

  19. avatar RIZAL says:

    MAS BEJO
    ISLAM ITU RAHMATAL LILALAMIN DAN TIDAK PERNAH MENGAJARKAN KEKERASAN
    DAN FPI BANYAK SEKALI MELAKUKAN KEKERASAN,APAKAH ITU BUKAN MENISTAKAN AGAMA?

  20. avatar rakyat bicara says:

    yg benar akn selalu menang…
    laknat Allah SWT atas org2 yg berniat memecah belah umat Islam,
    berbuat baiklah utk negeri ini walau sekecil apapun…

  21. avatar Ahmad eko says:

    wahai..saudr2 ku..FPI banyak jasa terhadp kita salah satunya ex. mengirim 10.000rb laskar membantu korban sunami di Aceh..INI YANG TDK DI EXSPOS OLEH MEDIA.
    yang disajikan di layar TV kita cuman Kekerasan saja..tidak adil media elektronik???…saya sbg warga jakarta sangat senang tampilnya FPI, karena menguranggi ke maksiatan di jakarta. Allah Akbar 3X semoga selalu di Ridhoi n di bawah naungan shalawat Nabi Muhammad SAW..AMIEN

  22. avatar joko bodho says:

    Buat Ahmadiyah…wis tho pak dhe, bu dhe.., pak lik.. bulik,, kang mas.., mbak yuuu,,

    Kalo ngga buleh pakai nama islam yo wis lah..sing waras ngalah….ganti jeneng wae lah..jare islam damai lha kok ngepruki uwong koyok ngono tho….lha islam sontholoyooo kuwiii.. wis ganti jeneng ae pak dheee….

  23. avatar Alie Radja says:

    FPI kalian dijalan yang benar, singkirkan orang2 munafik AKKBB. AKK BB tidak lebih dari agen penjajah asing
    mereka bergerak atas sebagai JONGO penjajah ASing . Hidup FPI aku Mendunkungmu. Allohu AKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  24. avatar hindu says:

    saya..sebagai umat hindu merasa prihatin
    negara ini di bentuk dan dibangun atas jerih payah semua golongan
    bukan di kasi minta sama moyang mu yang di arab sana….
    capek…deh

  25. avatar Rio Borneo says:

    Saya sangat tidak setuju dengan kedua-duanya, yang satu pakai aturan sendiri satunya lagi pakai aturan hidup di hutan, kita sering mendengar ungkapan yang sangat mulia bahwa sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar, mengapa kita masih melakukan perbuatan itu, kalau kita masih juga melakukannya berarti kita tidak tahu sholat, bahkan mungkin tidak sholat sama sekali, siapapun orang nya !!!…
    Perbuatan Keji, saya definisikan sebagai pebuatan yang nyata terhadap fisik. mungkin contoh yang jelas, seperti memukul, membunuh, menganiaya, menikam, melukai dengan bantuan alat, dan lain sebagainya.
    Dan Perbuatan Mungkar saya definisikan sebagai perbuatan yang tidak nyata terhadap fisik, contohnya fitnah, berbohong, mencuri, korupsi, khianat, tidak amanah, dan masih banyak lagi….. Nah, kalau sudah begini alangkah banyaknya orang islam di indonesia termasuk warga FPI sendiri bahkan pejabat negara atau saya sendiri yang tidak sholat, atau mungkin dipikirnya mencegah perbuatan keji dan mungkar hanyalah ucapan di mulut saja, karena islam sesungguhnya penuh dengan tawadhu, penuh dengan sabar dan selalu mengasihi dan menyayangi sesama mahluk Hidup, tidak ada batasan baik diutara atau selatan, timur atau barat, bahkan atas atau bawah. mampu menerjemahkan uraian diatas dalam kehidupan dan mengaplikasikan secara vertikal ditengah masyarakat sehari-hari.
    Inilah yang saya rasa dari pelaksanaan ibadah horizontal yang sesungguhnya, kita tidak usah perang ayat atau hadist karena kita sendiri diberi Rahmat oleh Allah SWT akal dan otak yang sangat berbeda dan itu jelas juga menafsirkan yang berbeda pula, intinya kita pahami saja lakum dinukum. Saya sangat yakin akan keperkasaan Allah SWT atau anda-anda tidak percaya dan yakin akan hal itu, kalau Allah SWT menginginkan seluruh mahluk di bumi untuk menjadi islam saya rasa bukanlah suatu perkara yang sulit bagi Allah SWT, mengapa kita harus sampai mengadakan peperangan bahkan berniat ingin membunuh, subhanallah…….. ajaran dari mana yang ingin diterapkan, kita sekarang bukan hidup jaman jahilliyah yang harus serba melakukan perbuatan yang sangat tidak beradab sama sekali atau mungkin karena tidak beriman jadi gampang termakan hasutan iblis !!!!……yang sangat senang sekali melihat kita saling bermusuhan dan memutuskan silaturahmi, Allah SWT saja setelah Masa Nabi Muhammad tidak pernah membenci suatu kaum atau umat manusia karena beliau memohon dan berdoa supaya setelah Dia tiada supaya tidak terjadi lagi pemusnahan suatu kaum atau umat manusia, dan Allah SWT menjanjikan itu. Allah tidak pernah memilih-milih untuk memberikan rizki atau rahmatnya bahkan Allah SWT tidak pernah menyatakan siapa berhak hidup dan siapa harus mati. Sesuatu segalanya terjadi didunia ini karena atas izin Nya. Kita tidak boleh sombong dengan diri kita, jadilah kita sebagai manusia yang berguna bagi sesama saling tolong menolong dan saling mengasihi, kalau ada saudara kita ada yang salah jalan marilah kita berdoa memohon pertolongan Allah SWT supaya diturun Hidayah kepada mereka agar kembali ke jalan yang benar di sisi Allah SWT. Hanya inilah yang bisa saya sampaikan pada forum ini dengan harapan untuk semoga kita semakin semakin tawadhu dan menunduk dihadapan Allah SWT semata.
    Amin ya robbal alamin…….

  26. avatar antoe says:

    ya inilah kenyataan yang kita hadapi di negara kita tercinta ini. yaitu negara 1001 kejadian yang tidak terjadi di negara lain tapi terjadi dinegara indo. mana banyak koruptor, banyak pendusta, banyak pelaku kekrasan terutama yang saya sesalkan kekerasan dalam beragama.mana katanya islam agama yang rahmatallil’alamin tunjukkan dunk hai semua kaum yang mengaku beragama islam..ketika dalam tubuh islam banyak terjadi konflik coba tengok orang2 yang tidak suka dengan islam……..ia tertawa dan berkata oh ini toh kelemahan isalm yang sebenarnya

  27. avatar tiga titik hitam says:

    pernah denger ‘dajjal’ ?
    kalo ndak salah, matanya picek satu
    tau dah, dia mahluk pake kaca mata pa nggak..

  28. avatar kenmura says:

    Alhamdulillah…masih ada orang-orang yang punya tingkat intelektual yang bagus di Indonesia. Gue hampir nyerah dan pesimis. Gue pikir yang bela FPI banyak. But then..why we are all talking here and not starting some actions for those terrorist? Pemerintah kita kenapa sih? Hmmm…bingung dan heran..hmm…

    Jangan lupa tetep belajar agama yang baik dan tetep kritis yah..biar ngga gampang dibegoin sama orang-orang kayak FPI. May Allah be with you all…

  29. avatar dede says:

    “AKKBB sudah kita peringatkan agar tidak ke Monas. Tapi ternyata mereka tidak komitmen. Mereka tetap masuk di Monas, mereka sendiri yang cari masalah,” imbuh Kapolri.

    Hidup AKKBB!!.
    =)

  30. avatar Awam says:

    sebagai manusia yang diberi akal pikir tentunya bisa lebih jernih dalam berpikir dan bertindak. jika membaca/menyimak sejarah berdirinya sebuah keyakinan baru kita akan tahu dari mana ia muncul, hampir semua dari sebuah penderitaan dan tersingkirkan dari komunitas mayoritas. setelah menjadi besar dan mayoritas cenderung akan menjadi sombong, arogan. jadi adalah hal yang wajar jika akhirnya didalam tubuh mereka sendiri terjadi perseteruan dengan membentuk kelompok2 yang akhirnya terpecah. hanya keyakinan berdasar mengedepankan rasa sejati sebagai manusia yang harus saling berinteraksi dan saling mengasihilah yang kiranya akan tetap langgeng, bisa membedakan antara hak asasi setiap insan yang diciptakanNya dalam berkeyakinan. menghindar dari upaya saling menindas sesama ciptaNya, saling mengasihi bahu membahu mewujudkan kerukunan bermasyarakat demi terciptanya situasi yang kondusif demi keseimbangan bumi dan isinya. Ingat: Innallaha laa yughoyyiru ma biqaumin hatta yughoyyiru ma bianfusihim. Jika sekarang manusia saling pukul maka Allah akan memberi pukulan bagi manusia itu, entah perang entah bencana. bagi saya sebagai awam: apa yang terucap dan apa yang dilakukan itu adalah doa. Sadarkah kita?????

Comment on “Insiden Monas, FPI & AKKBB”.

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-18
Privacy Policy | Terms of Use | Contact