Donor Darah

Apr 29th, 2007, in Id, by

A press release from Golongan Darah.net about blood groups and donating blood.

Genap lima bulan online, situs layanan sosial GolonganDarah.Net telah berhasil menjaring hampir 1000 anggota. Hingga saat press release ini diluncurkan, situs yang pertama kali di-launch pada tanggal 1 Januari 2007 ini telah beranggotakan 996 anggota dengan detail yang bergolongan darah A adalah 212 anggota, AB 141 anggota, B 265 anggota dan golongan darah O adalah menjadi golongan darah dengan jumlah anggota terbanyak yaitu 378.

Sehingga, dengan mengacu pada data statistika di atas, kedepannya, bukan tidak mungkin bagi GolonganDarah.Net akan terus bertambah anggotanya seiring dengan diketahuinya keberadaan serta kegunaan situs layanan sosial ini secara menyeluruh baik di tingkat lokal, regional maupun internasional.

Berbicara mengenai keberadaan dan kegunaan situs ini, seperti yang tertuang dalam bagian Profil, situs layanan sosial GolonganDarah.Net bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai data pribadi perorangan yang dikelompokkan berdasarkan golongan darah dan memberikan informasi mengenai golongan darah setiap personal yang terdaftar sebagai member (anggota) di dalamnya. Jadi, dengan demikian GolonganDarah.Net sebenarnya bukanlah situs web yang melulu terkait dengan donor darah secara khusus seperti yang sering dianggap oleh banyak orang, namun lebih luas daripada itu, GolonganDarah.Net adalah situs web yang memberikan informasi mengenai golongan darah setiap personal.

“Akan tetapi kalau memang pada akhirnya informasi yang ada di dalam situs web ini digunakan dan diarahkan untuk keperluan donor darah, kami sangat menyadari dan membuka diri untuk hal tersebut,”

Demikian tukas Donny Verdian (29), Administrator GolonganDarah.Net.

Menyadari ‘kedekatan’ fungsi situs layanan sosial ini dengan kegiatan donor darah, GolonganDarah.Net telah menghubungi Unit Transfusi Darah Pusat (UTD – P) Palang Merah Indonesia untuk memohon ‘restu’ serta dukungan secara moral terhadap kelangsungan situs web GolonganDarah.Net itu sendiri.

Melalui surat pernyataan yang diterbitkan, UTD-P Palang Merah Indonesia diwakili oleh direktur, Dr Yuyun SM. Soedarmono MSc menyatakan dukungannya terhadap situs layanan sosial GolonganDarah.Net sekaligus menyatakan kesiapan untuk bantuan info teknis tentang seluk-beluk pelayanan transfusi darah, termasuk masukan untuk materi tanya jawab yang berkaitan dengan donor darah di dalam situs ini. Selain itu, Dr Yuyun juga mengharapkan agar supaya golongandarah.Net dijaga dan diteruskan kelangsungannya sehingga dapat terbentuk komunitas donor darah sukarela melalui dunia maya.

Dalam praktek sehari-harinya, beberapa kali GolonganDarah.Net telah memuat informasi-informasi berguna dan penting di dalam situs web GolonganDarah.NET yang diberikan secara langsung oleh PMI dalam hal ini diwakili oleh Palang Merah Indonesia cabang Kodya Yogyakarta karena kebetulan kantor operasionalnya berada satu kota dengan penyelenggara situs GolonganDarah.Net ini.

Selain dengan PMI, GolonganDarah.NET juga menjalin kerja sama dengan FOKUSWANDA (Forum Komunikasi Dermawan Darah 75 – 100 Indonesia Emas), sebuah wadah komunikasi dan aspirasi independen para dermawan darah yang telah menyumbangkan darah bersih minimal 75 kali. Dalam surat dukungannya yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal DPP FOKUSWANDA, Drs Ariman K. Usman, FOKUSWANDA menyambut gembira peluncuran situs GolonganDarah.Net dan menyampaikan rasa salut serta dukungannya untuk kelanjutan situs layanan sosial GolonganDarah.NET.

Dukungan kedua organisasi yang terkait erat dengan kegiatan donor darah ini juga dimantapkan dengan kerja sama yang dilakukan antara GolonganDarah.Net dengan Pusat Kajian Hukum dan Teknologi Fakultas Hukum UGM (PKHT – UGM). PKHT – UGM yang diketuai oleh Daniar R. Natakusumah S.H., L.L.M. membantu GolonganDarah.Net dalam penulisan Profil serta Aturan yang termuat dalam situs web tersebut. Dalam penjelasannya, Administrator GolonganDarah.Net mengatakan bahwa dukungan dari PKHT – UGM ini sama pentingnya dengan dukungan yang diberikan oleh pihak-pihak lain termasuk didalamnya PMI dan FOKUSWANDA.

“Untuk kepastian hukum serta kenyamanan dalam menggunakan jasa layanan GolonganDarah.Net, maka dukungan dari rekan-rekan di PKHT sangat menguatkan keberadaan kami sebagai sebuah situs layanan sosial yang nirlaba.”

Dalam kesempatan itu pula, Administrator GolonganDarah.NET juga mengajak kerjasama bagi pihak-pihak lain selain yang disebutkan di atas untuk duduk sebagai mitra dan sahabat bagi GolonganDarah.NET.

“Asalkan memiliki visi dan misi sosial yang sama, GolonganDarah.NET membuka kesempatan lebar-lebar bagi setiap komunitas maupun institusi lainnya untuk bekerjasama. Masih begitu banyak hal yang bisa dilakukan bagi kemanusiaan di dunia virtual ini.”

Tuturnya mengakhiri pembicaraan.

Info selengkapny silakan kunjungi www.golongandarah.net.


9 Comments on “Donor Darah”

  1. Resha Kristianti says:

    Temans,

    Butuh bantuan nih kapan ya kalian bikin acara donor darah lagi?
    Sekitar bulan Maret atau April mungkin ga?
    Mungkin ga kalo dalam satu hari bisa mendapatkan 1000 donor?
    Mohon bantuannya ya.

    Terima Kasih.

  2. Abdul Mukmin says:

    Saya mau bertanya tentang tentang golongan darah AB yang katanya apabila pasangan suami istri mempunyai golongandarah AB anaknya mempunyai kemungkinan lahir cacat, saya sangat ingin penjelasannya,
    terimakasaih.

    rgds,

    Abdul MS

  3. citra says:

    saya mau donor darah, tapi kemana ya??? klo ada daeah bekasi. thx

  4. Dadan says:

    bagi yang akan menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela di wilayah DKI jakarta kami dari UTDC PMI Pandeglang – banten siap membantu. Hubungi kami 081380184117.

  5. Dedy says:

    Apakah ada hubungan : donor darah dapat mengurangi pusing pusing / sakit kepala ???
    Soalnya saya pernah pada suatu hari, saya sedikit pusing, dan ketika itu kebetulan saya di tes darah (darah saya di ambil sedikit sekitar 5 cc). Sesaat setelah darah saya diambil, saya merasa dalam kondisi yang lebih baik (pusing hilang). Saya belum pernah sama sekali donor darah, skrg saya punya keinginan untuk donor darah. terima kasih sebelumnya……….

  6. putri says:

    saya dr putri, saya membutuhkan donor darah gol AB 1orang saja untuk pasien saya, bisakah ?

  7. gina says:

    saya mencari asosiasi perkumpulan golongan darah AB, dimana yah?
    ada yg bisa kasi tau web atau blog nya?

  8. mardhatillah says:

    hari sabtu 6 maret 2010 SDIT Azzahra citeureup,Bogor akan mengadakan baksos khitanan massal n donor darah, ada yang mau ikut??

  9. Yolanda Ayi says:

    mauu ikutan lg klo ada acara donor darah.. >,<
    t'utama d'daerah bekasi..
    infoin yaa, via:
    e-mail aq: ari_yolanda@rocketmail.com

    FB aq: Yolanda Ayina Dian

    trima kasih.. ^,^

Comment on “Donor Darah”.

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-20
Privacy Policy | Terms of Use | Contact