Mencari Uang dengan Blog

Dec 17th, 2007, in Id, by

Cara mencari uang di internet bagi webmaster dan yang ngeblog di Indonesia.

Sementara banyak orang membuat blog, situs web atau menghabiskan waktu online sekadar untuk bersenang-senang atau alasan lain, menerima uang atau penghasilan dengan menulis bisa menjadi bonus yang manis.

Bagi seorang webmaster atau blogger Indonesia, salah satu masalah yang dihadapi adalah tidak diterimanya pendaftaran mereka oleh jaringan periklanan internet, karena reputasi negara ini yang sering kali buruk. Sementara, jaringan lain sangat berhati-hati dalam menyikapi para pendaftar dari Indonesia, meskipun tetap menerima mereka.

Inilah sejumlah jaringan utama yang menerima pendaftar dari Indonesia, entah CPC (Cost Per Click – Anda dibayar per klik) atau CPA (Cost Per Action – Anda dibayar per penjualan atau pemunculan), atau CPM (Cost Per Thousand – Anda dibayar untuk menampilkan iklan sesuai jumlah impresi iklan).

Akan membantu jika Anda memiliki akun Paypal untuk sebagian besar jaringan ini (akhirnya, saat ini Paypal menawarkan akun pengiriman dan penarikan bagi WNI – daftar di Paypal).

Teks Link

Situs jejaring lain membayar Anda untuk memasang tautan teks ke situs mereka. Tidak ada hubungannya dengan penjualan barang, hanya semacam iklan. Anda dibayar untuk jangka waktu pemasangan tautan teks tersebut, bukan per klik.

Postingan Bayaran

Jaringan-jaringan ini membayar Anda untuk menulis postingan tentang situs web lain, yaitu situs web yang menjual semacam produk atau jasa. Agar bisa mengikuti program ini, Anda harus menampilkan seluruh isi postingan di halaman depan blog.

CPC

Anda memasang iklan di situs Anda, biasanya berbentuk teks, dan dibayar setiap kali seseorang meng-klik salah satu iklan tersebut. Jangan meng-klik iklan Anda sendiri kalau tidak ingin dikeluarkan dari program tersebut!

Adsense
Contoh halaman “Laporan” Adsense, memperlihatkan pendapatan hari ini (tidak terkait dengan saya).

  • Google AdSense – Yang terbesar, dengan inventarisasi iklan terbesar di internet, memiliki pemasang iklan yang akan membayar untuk klik pada topik apa pun. Memiliki iklan teks, gambar dan video. Pembayaran untuk akun Indonesia hanya dengan cek, untuk negara-negara lain bisa dengan direct deposit.
  • Adbrite – Memiliki iklan teks dan banner yang membayar per klik (CPC) atau per 1.000 kunjungan (CPM). Umumnya dianggap pilihan kedua terbaik setelah Adsense, namun sangat populer di kalangan webmaster Indonesia. Mendaftarlah di Adbrite.
  • Widget Bucks – Menampilkan iklan dalam format Flash, baik secara kontekstual dengan merangkum (crawling) isi halaman web Anda, maupun dengan pemilihan sebuah kategori produk. Kurang disarankan untuk traffic di luar Amerika Utara. Pembayaran lewat Paypal atau cek. Raihlah $$ dengan WidgetBucks.
  • Chitika – Sebuah jaringan yang relatif baru, kebanyakan pemasang iklan berasal dari bidang komputer/telepon genggam/ipod. Akan tetapi, dilakukan saringan ketat bagi klik/traffic dari luar Amerika Utara. Pembayaran sebulan sekali via Paypal bila saldo melebihi $ 10, atau dengan cek bila saldo mencapai $ 50. Sangat disarankan untuk traffic pembelanjaan produk umum, teknologi dan gadget. Daftar di Chitika.
  • Adtoll – Sebuah jaringan iklan lagi yang baru, bayar per click atau per impression. AdToll: Jual ad di situs anda dan dapatkan penghasilan.
  • Bidvertiser – Jaringan pay per click yang lebih kecil. Pembayaran lewat PayPal. Raihlah pendapatan dengan website atau Blog anda dengan BidVertiser.

Chitika
Contoh iklan dari Chitika.

CPA, Umum

Anda memasang iklan pada situs Anda, umumnya iklan produk atau jasa. Jika pengunjung meng-klik dan melakukan suatu tindakan, misalnya membeli produk atau jasa, atau mengisi formulir, Anda memperoleh komisi (biasanya sekitar 10% dari harga penjualan) atau imbalan tetap (untuk pemunculan).

Auction Ads
Contoh Auction Ad.

  • Auction Ads – memiliki iklan Ebay, para pengunjung meng-klik sebuah iklan yang menampilkan lelang Ebay. Anda menerima uang jika mereka membuat penawaran di Ebay. Pembayaran via Paypal, tanpa batas pembayaran minimum. Ada masalah pelaporan pada jaringan ini, tapi secara umum cukup baik. Mendaftar di Auction Ads.
  • Clix Galore – sebuah jaringan besar yang membayar komisi untuk penjualan dan pemunculan, berbasis di Australia namun juga menampilkan perusahaan dari AS, Inggris, dan Kanada. Pembayaran dengan cek (kalau tidak salah). Mendaftarlah di ClixGalore.
  • Shareasale – serupa dengan Clix Galore, namun berbasis di AS, memiliki reputasi baik di berbagai afiliasi, dengan banyak perusahaan bertipe spesifik. Pembayaran hanya dengan cek. Raihlah bayaran untuk situs Anda di Shareasale.
  • Pepperjam – jaringan baru, sangat disarankan. Join Pepperjam Network today!

Niche

Program in-house yang lebih kecil, membayar komisi.

Selamat mencoba dan silakan bertanya jika ada pertanyaan atau kesulitan.

Versi bahasa Inggris – Make Money Blogging.


16 Comments on “Mencari Uang dengan Blog”

  1. Salam kenal, aku juga masih belajar cari duit lewat blog. Pls kasih tau gmn cara banyak orang yg mengunjungi blog saya. tks

  2. David says:

    Kalau blogmu Agung, yeah jangan copy/paste, jauh lebih bagus kalau contentnya unik. Blogspot kurang bagus, coba wordpress.com dan pakai banyak tag untuk postingan.

  3. hana says:

    cara mencari uang dengan gratis pakai blogger/blogspot gimana ya??

  4. toekangblog says:

    itu dapat 100$ sehari.. hanya dari 1 blog atau banyak nih??
    wuihh ngiler liatnya 😀 😀

  5. Zipeans says:

    Klo cari duitnya pake wordpress bisa gak?

  6. inteleque says:

    aku juga blogger pemula. kayaknya nyari duit pake blog cukup rumit, kita harus join dgn produsen iklan. yg bikin rumit juga karena untuk mendaftar ini itu untuk persiapan nyari duit lewat blog biasanya pake bhs. inggris. program juga harus kita punya.

  7. toekangblog says:

    klo mo dapet $100 perhari kek screenshot diatas sih hmmm… jangan mimpi dulu…
    gw dengan bbrp blog dan total hits rata2 diatas 300an perhari baru bisa ngumpulin $100 dari adsense setelah setaon hahahaha…

    masukan buat Hadi, coba daftar ke Buy Reviews
    gw baru 2 bulan ikutan… kebetulan dah punya modal banyak blog juga
    dapat banyak job review.. lumayan udah bisa ngumpulin $600 😀

  8. Hadi says:

    saya coba mencari duit pake blog, tapi dari dulu gak dapet-dapet. Ruwet banget, saya sampek buat banyak blog. sampai pusing postingnya. tolong pencerahannya

  9. Mazzel says:

    Kebanyakan blogger pemula membuat banyak blog untuk nyari duit. Dengan konten yang berusaha niche. Setelah beberapa bulan kemudian mulai bingung nyari topik. Akhirnya ditelantarin enggak di urus.

    Sebetulnya inti keberhasilan sebagai ads publisher adalah konsisten. Kita dapat duit karena traffic yang bagus. Lupakanlah masalah layout iklan yang katanya harus di tempatkan pada posisi strategis. Kalo pengunjung blog kita cuma 10 orang sehari, tuh iklan mau ditaruh di mana juga segitu-gitu aja hasilnya.

    Dan cara ngedapetin traffic itu sebetulnya gampang. Buatlah blog untuk orang banyak. Bukan untuk cari duit. Kalo kita bikin blog dengan orientasi duit otomatis bakal membunuh kreatifitas kita sendiri karena terlalu khawatir. Akhirnya kita cuma jadi peniru. Coba aja perhatiin ada berapa ribu blog yang mirip sama problogger.net, johnchow.com atau dosh-dosh.com. lupakanlah SEO yang banyak aturan dan bikin ribet. Menulislah sebanyak-banyaknya buatlah content yang unik yang belum pernah ada di internet.

  10. arim says:

    Ya PPc ternyata sangat membantu produsen untuk mencari konsumen ,nah ini peluang yang cukup bagus namun harus sabar menunggu nominal yang gede, kan ga boleh klik sendiri nti malah di close acountnya kita , ada juga nich trik orang meraih klik dengan menggunakan scrip yang otomatis mengklik tapi khan ketauan juga periodenya sama yah jadinya lebih baik jujur jujur aja deh!!

  11. tirta marga says:

    Aku udah bikin blog di bloger, udah bikin postingan juga cuma mau nulis di sidebarnya agak susah tolong dong kasih tahu caranya.

  12. Andos says:

    Thanks buat infonya mas

  13. Andhika says:

    thanks bgt buat infonya,, ternyata internet bisa menguntungkan juga…
    trus kasih tau donk cara meningktkan trafik diurl kita..

  14. Ghibran says:

    Kalo aku mah baru juga mau nyoba terjun kedunia blog. kira-kira dimana ya fasilitas yang paling baik agar saya bisa membuat blog dengan mudah, indah, dan gak ribet ini itu nya….he….:D

  15. adrie says:

    Hai, salam kenal.
    Saya newbie, yang pengen banget dapet duit dari blog saya.
    Mohon tips dan masukannya dong..!

    Saya juga minta pendapat (kalau anda punya waktu) tentang blog saya : bang-anuh.blogspot.com

    ini bukan spam, saya cuma pengen dapet masukan..!

    makasih

  16. mssyarif says:

    Saya menulis bukan karena duit, duit akan datang karena traffic. itu motonya. jadi ngak usah pusing ada dan tidak ada duit, yang penting posting dan kreatif.

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-20
Privacy Policy | Terms of Use | Contact