Gereja Dibakar

May 26th, 2008, in Id, by

Sebuah gereja dibakar di Purwakarta, Jawa Barat oleh penduduk setempat yang merasa diremehkan karena protes mereka atas pengalihfungsian bangunan tidak di tanggapi.

Gereja dibawah naungan Yayasan Abdi Karya (Yadika) di Desa Citeko, Kecamatan Plered, Purwakarta, Jawa Barat dibakar oleh penduduk setempat.

Bangunan tersebut sebelumnya digunakan sebagai pabrik genting dan telah mencapai tahap akhir untuk dialihfungsikan menjadi gereja. Penduduk lokal berulang kali protes mengenai pengalihfungsian bangunan, dan kepala desa Citeko Andri Yani menyatakan bahwa bangunan tersebutnya seharusnya digunakan sebagai sekolah.

Laporan awal menyatakan tidak ada yang ditahan dalam peristiwa ini, walaupun laporan berikutnya menyatakan empat orang diinterogasi kepolisian.

Artikel ini diterjemahkan oleh Lyn dan Anna dari versi bahasa Inggris – Purwakarta Church Burned Down.


36 Comments on “Gereja Dibakar”

  1. Nirvanerz says:

    Gw pikir ningan jangan ADA ISLAM N KRISTEN didunia ini. Coz 2 agama itu dah kaya hembusan setan. Banyak pertumpahan darah terjadi dimana mana karena alasan kesucian, laskar salib, membela agama, jihad dll.

    Ningan kaya gw, ga beragama, tapi percaya dan yakin cmn ada 1 tuhan. Ga usah perang karena agama anjing. Ga ada guna nya buat tuhan. Mang tuhan hoby perang gitu?? Ato tuhan seneng pertumpahan darah gitu? Mikir donk!

  2. DXP says:

    Nirvanerz … ni hao , setuju !!

  3. lgun says:

    Dasar org2 bodoh. Memangnya kalo ga ada agama dunia bkl tentrem foolish thinking. Agama itu ada utk menterjemahkan Tuhan dan sbg penyambung padaNya, jadi sia2 kl cuma percaya klo ga ada jalan untuk mempercayai mending jadi ateis aja lhu. Knp juga kita harus takut pada konflik, itu adalah bagian dari kita sebagai mahluk hidup. Begitu jg dgn kematian, bedanya how we choose to die, either graciously, or scornfully.

  4. suroso says:

    Yakobus 1 : 19-22.
    19. Hai saudara-saudaraku yang kukasihi, ingatlah hal ini : setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah ; 20. sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran dihadapan Allah ; 21. sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam didalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
    22. Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja ; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
    Injil Matius 22:36-39
    36. ” Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat ? 37. ” Jawab Yesus kepadanya : ” Kasihilah Tuhan Allah-mu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 38. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 39. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
    Yakobus 2: 17.
    Demikian juga halnya dengan iman : Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
    Salam Damai.

  5. dulyakin says:

    ah yg terbakar kan cuman gedungnya aja to ..kalo gerejanya saya yakin pasti nggak lah ya..
    semoga damai selalu dihati biarlah mengalir dari damai itu sejahtera dan NKRI harga mati.

  6. moneristo sirait says:

    Saudaraku ,kalau anda orang Indonesia sudah saatnya mengamalkan lebih konkrit apa artinya Bhineka Tunggal Ika dan pancasila.Kalau anda penganut Kristen sudah saatnya lebih dekat kepada Yesus.Laskar kristus maksudnya bukan berperang angkat parang bedil membunuh menghancurkan orang.Bukan.Tetapi maju berperang melawan nafsu angkara murka,melawan Iblis setan,melawan nafsu dunia,melawan korupsi,melawan dan melawan duniawi.Kalau soal Gereja dibakar ditutup masalah kecil dibanding dengan sorga yang akan diwariskan kepada kita anak anak Tuhan.Gereja bukan bangunannya tetapi diri dan jiwa orang Kriswten yang jangan sampai runtuh hanya masalah begitu kecil.Kalau Tuhan mau,mereka yang membakar menutup gereja dapat dihukum seketika.Tapi Tuhan mau mereka diberi waktu bertobat.Buktinya sekarang semakin banyak yang memusuhi Gereja menjadi Hamba Tuhan yang diberkati.Berdoalah untuk mereka

Comment on “Gereja Dibakar”.

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-20
Privacy Policy | Terms of Use | Contact