Konflik Israel-Palestina

Jan 25th, 2008, in Id, by

Perselisihan Israel dan Palestina, sekaligus hubungan Indonesia dengan Israel.

Mengunjungi Israel

Pada awal Desember 2007, lima wakil dari lembaga Islam Indonesia, termasuk Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama, berangkat ke Israel dan menemui presidennya, Shimon Peres. Kunjungan mereka disponsori oleh Simon Wiesenthal Center dan LibForAll Foundation.

Shimon Peres menyatakan bahwa ia sangat gembira menerima para ulama tersebut, dan ia juga berharap jika lebih banyak orang Indonesia yang mau mengunjungi Israel di bulan Mei 2008 untuk mendoakan damai sambil merayakan ulang tahun Israel yang keenam puluh.

Perwakilan Indonesia di Israel
Perwakilan Indonesia di Israel.

Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur Syafiq Mugni berharap kalau masyarakat Muslim Indonesia dapat menjadi lebih toleran, walaupun beliau juga mengakui masih banyak yang menentang demokrasi. Abdul A’la dari NU pun mengakui adanya kelompok-kelompok Islam garis keras di Indonesia.

Din Syamsudin dan Hasyim Muzadi yang masing-masing merupakan pemimpin Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama, menyampaikan ketidaktahuan mereka akan kepergian anggotanya ke Israel.

Wakil Ketua DPR Soetardjo Soerjogoeritno (Mbah Tardjo) dari PDI-P menyuarakan penolakannya terhadap kunjungan tersebut, karena Israel masih menduduki Palestina. Lagipula, bangsa Israel yang terkenal medhit (pelit) tidak akan memberikan bantuan apapun untuk Indonesia, ujarnya.

Kolonialisme Bukan Islam

Pada bulan Desember, mantan Menteri Luar Negeri Indonesia Ali Alatas berujar kalau dukungan Indonesia terhadap Palestina tidak ada hubungannya dengan agama.

Banyak kalangan yang salah paham mengaitkan dukungan Indonesia kepada Palestina dengan agama.

Ia mengatakan bahwa kedudukan Indonesia yang pro-Palestina memang masalah prinsip, sesuatu yang dinyatakan oleh konstitusi kalau kemerdekaan adalah hak setiap negara yang tidak bisa diganggu gugat, dan maka itu, semua bentuk penjajahan harus dihapuskan.

Dituntun oleh keyakinan ini, Indonesia telah giat mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa lain, seperti Afrika Selatan dan Namibia, ujarnya.

Beliau menyesali keadaan dimana banyak orang mengira dukungan Indonesia untuk Palestina didorong oleh persaudaraan Islam.

Kekhawatiran Hak Asasi Manusia

Di tanggal 24 Januari 2008, sebagai akibat dari pemblokiran daerah Palestina dan penyerangan-penyerangan oleh pasukan Israel, anggota DPR Andreas H Pareira dari PDI-P mengatakan bahwa Indonesia harus melakukan persuasi terhadap Amerika untuk:

…memaksa Israel agar tidak menggunakan kekerasan terhadap Palestina.

Pareira mengatakan Israel hanya mau mendengarkan Amerika:

Kita tidak bisa menyalahkan Amerika Serikat saja, namun Indonesia bersama dengan negara-negara Muslim lain perlu meyakinkan Amerika Serikat untuk bertindak terhadap Israel, dan bukannya hanya mengutarakan kecaman.

Hajriyanto Y Thohari dari Partai Golkar justru mengatakan Indonesia harus menekan Amerika Serikat untuk segera mengambil sikap terhadap Israel.

Ini sesungguhnya tindakan semena-mena Israel untuk kesekian kalinya. Lalu, quo vadis PBB. Kita semua harus berbuat sesuatu, jika memang kita masih memiliki rasa kemanusiaan dan menganggap dunia ini masih beradab.

Artikel ini diterjemahkan oleh Hannah Mulders dari versi bahasa Inggris – Israeli Palestinian Conflict.


325 Comments on “Konflik Israel-Palestina”

  1. Sofie says:

    Jadi mau minta maaf lagi.. 🙁
    ‘Diego’ dan ‘stupid guy’, kalian bener juga soal Hindu dan Buddha..
    Padahal di pelajaran sejarah, agama Buddha muncul sebagai reaksi penolakan atas aturan kasta dalam Hindu.. Tapi nyatanya mereka terlihat cukup baik2 saja sampai sekarang..
    Tapi, kalau bicara tentang pedoman hidup, coba lihat lebih jauh lagi tentang masing2 agama itu. Sebenernya masing2nya (kayaknya) udah cukup bagus sebagai pedoman hidup.. Minimal mengajarkan tata krama..
    Tapi soal perang2an ini (?), nggak lain disebabkan oleh para penganutnya saja. (Karena saya nggak tahu pasti, moga2 aja) nggak ada agama yang isinya menyuruh kaumnya untuk perang cuma karena memperebutkan sesuatu, apalagi melibatkan warga sipil. Yang saya tahu, adanya bikin perjanjian tertulis.

  2. die2009 says:

    yang jelas TIDAK DIBENARKAN membombardir bangsa lain………..
    membunuh anak2,wanita dan orang sipil…………
    mari kita basmi YAHUDI dari muka bumi……………

    Allah menciptakan bumi untuk orang2 berfikir dan beriman…
    silakan bani israil numpang idup disana (khusus orang2 yang beriman&percaya ma Allah)
    bukan kayak yahudi………. pembangkang….

  3. stupid guy says:

    @sofie

    Tapi, kalau bicara tentang pedoman hidup, coba lihat lebih jauh lagi tentang masing2 agama itu. Sebenernya masing2nya (kayaknya) udah cukup bagus sebagai pedoman hidup.. Minimal mengajarkan tata krama..

    Saya setuju bahwa agama-agama sebenarnya bisa dipakai sebagai pedoman hidup, tapi kurang setuju kalau agama dipelajari dalam-dalam, semakin dipelajari dalam-dalam malah makin fanatik dan semakin merasa eksklusif, merasa paling benar dan seakan-akan pasti masuk surga.

    Jangan salah paham, menurut saya, bukannya ajaran agama itu salah, tetapi yang error otak manusianya yang sok tahu dan menerjemahkan ayat-ayat seenaknya, makanya tafsirannya bisa macem-macem. Ingat inti pokoknya aja deh, misalnya Islam = damai, Kristen = cinta kasih. udah cukup. sisanya pake logika aja, masa gak tahu mana yang bener mana yang salah, ya gak hehehe

    sebagai orang agnostic itu pandangan saya, mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata

  4. Sofie says:

    Yap.. Ok, ok..

  5. nice_peace says:

    Ya Tuhaaaan…

    sungguh hati saya sakit.membaca kalian membela israel.Apapun tujuan israel menporak-porandakan palestinna adalah SALAH BESAR.

    sejak kapan kita bahagia jika orang lain menderita?
    sejak kapan kita suka melihad darah2 bertumpah, air mata berlinang sejak kapan ?

    saya mohon pada kalian,tanya pada sisi kemanusiaan kalian apakah penah perang itu berarti.apakah kalian puas melihad orang2 palestina itu mati.hanya karena tanah yang secuil itu.kalian harus tahu semua itu ga berarti…

    Haiiii tau kah kau bawa dunia ini SEMENTARAAAAA Lho…
    untuk apa israel rebutan tanah seupil gtu dengan memasang tank2 besar,membombardir.membunuh untuk hal yang semaentara..

    jadi apa sebenarnya masalahnya?apakah karena perbedaan keyakinan…???!!
    bukankah seluruh agama mengajarkan cinta damai dan menghindari peperangan.mari kita tengok kebelakang “ADOLF HILTER ” adalh nazi yang kejam karena membunuh orang2 yahudi…sekarang…..
    Lihatlah……..

    lihat lahhhh………….

    apa bedanya yahudi d israel dengan adolf hilter….
    mereka membunuh….MEMBUNUH dengan menghilangkan sisi kemanusiaan mereka.kenapa kalian masih membela israel…apa karena palestina negara islam.kenapa kalian begitu membenci islam…kita ini sesama manusia.ingatlah…….jika terluka setiap manusia menangis…dan meskipun palestina yang terluka kita ini sama2 manusianya.kita juga merasakan luka yang mereka rasakan.

    jadi apa karena kita indonesia tidak boleh bersimpati dengan palestina….
    kemana hati kecil kita….

    ingatlah hidup ini fana…cari tahulah apa yang terjadi setelah kita manti nanti..kita tidak hidup di dunia ini lagi..dunia ini hanyalah titipan ^^

  6. chris says:

    Aduh kalian ini semua…
    kayanya israel-palestina kaga ngomongin tntng agama d..
    kok jadi xlian semua yg ribut gk jelas tntg agama.
    dasar orang indonesia, gk tw akar permasalahannya, ikut berkoar2…
    jelas2 yg di omongin tntng wilayah kekuasaan, bukan agama.
    gini aj d, drpd pusing mikirin negara orang lain knp gk kita pikirin aj dulu krisis yg terjadi di negara kita ini. salam

  7. Viave says:

    Kamo memang orang mana?
    Berani ngomong kayag gtu…njeleg2in indonesia.
    Jangan menjilat ludah sendiri.
    Munafik namax…HARGAI DONK ORANG BERPENDAPAT.
    Apa masug akal hanya masalah wilayah aja israel bwad kayag gtu…
    OMONG KOSONG….
    Buka dong hati mu.
    Selain akal hati juga dipake donk.

  8. ochiana048 says:

    Loh… gmana seh?! he3x…
    Namanya jg orang berpendapat, bs apa aja khan?! HARGAI JG DWONKZ!
    Klo menjilat ludah… wargh… enthe da salah kaprah tuh. Yg dimaksud itu spy INTROSPEKSI DIRI!
    Ada tempat buat hrs pake RASIO, ada tempat juga buat pke HATI. Klo pake RASIO, konflik ini udah sejak lama semenjak Perang Arab-Israel, ditambah lagi dengan pendudukan Israel di Gholan yg intinya bkn wilayah Israel.

    Sampai sejauh ini Israel belum mau menyerahkan wilayah Gholan, pdhal dia sudah mendapatkan Yerussalem. Sikap egois atas wilayah ini yg bikin panas orang2 syria dan hizbullah yg selanjutnya mereka bikin gerakan utk melawan israel. krn kebetulan mereka ini orang2 islam, wajar saja klo organsiasi yg ataupun landasan organisasi dibuat atas dasar islam. sekalipun demikian, mereka punya kepentingan utk menekan israel utk tdk lagi mencaplok wilayah orang lain. jgn lupa ya bro, HAMAS sekalipun adl partai islam, akan tetapi di dalamnya jg didukung orang2 nasrani loh! partai islam di sana sangat toleran dgn agama lain. intinya, yg mendukung perlawanan di palestina thdp israel ga cm golongan muslim, tapi juga nasrani.

    Kalo pake HATI… yg memprihatinkan dari akibat konflik ini adalah jatuhnya korban yg tdk berdosa, terutama anak2. selalu saja seperti itu. repotnya lagi, dalam kondisi perekonomian perang seperti ini, sangat sulit bagi mereka untuk membesarkan anak2 seperti di negara2 yg tdk ditimpa kekerasan/perang. bagaimana masa depan mereka. belum lagi apabila ada anak2 yg akhirnya mjd cacat seumur hidup. itu namanya pke HATI!
    Wassalam!

  9. diego says:

    Bolehlah bersimpati sama rakyat korban perang. Tapi jangan seret-seret indonesia dong, terlebih-lebih kalau itu untuk keoentingan politik kelompok.

    Sori, gw emang udah cukup eneg ama konflik2 di timur tengah. Kenapa indonesia gak bisa kayak Jepang gitu lho, tau gimana mengarahkan sumber dayanya dengan baik. Bukannya sok-sok solidaritas dengan ikutan2 perang. Ngomong.ngomong, solidaritas arab sendiri mana? udah baca kan sejarah palestina, dimana negara2 arab sendiri yang ngusir2 pengungsi palestina. Eh, dengan tidak tau malunya, justru orang2 arab pulalah yang memanfaatkan penderitaan orang palestina untuk berbagai kepentingan politik mereka, termasuk menyulut fanatisme dan radikalisme islam. Shame on you arabs!

    Saatnya indonesia nyadar diri kali, tau kita ini siapa. Jadi gak terseret-seret jadi jongos sana-sini (apalagi semites).

  10. stupid guy says:

    @nice peace

    jadi apa sebenarnya masalahnya?

    agama

    apakah karena perbedaan keyakinan…???!!

    ya

    bukankah seluruh agama mengajarkan cinta damai dan menghindari peperangan.

    ya, asal jangan dipelajari terlalu dalam, makanya klo belajar agama luarnya aja, bahaya klo sampe ke dalem-dalem

  11. Habaib Kentung says:

    Hehehehe inilah akibat di kadalin sama orang padang pasir, 1,4 miliar jajahan arab (baca islam) gk bisa urus israel (baca yahudi) yang cuman 14 juta orang, berarti hanya 1% saja, apa ini memang sudah ada di alkitab atau memang turunan arab memang benar turunan ismael yang memang keledai liar???

    Gencatan senjata israel-palestina berakhir 9.12.2008 (6 bulan) dan hamas tidak berminat memperpanjang gencatan senjata, KENAPA???

    Karena sudah 6 bulan tidak ada pemasukan pagi pejuang hamas, emang kerja mereka apa??? bagaimana membiayai anak2 mereka yang bersekolah di universitas amerika dan eropa??? kalau perang tentu akan byk bantuan dari negara2 yang sangat amat toleransi (baca tolol), makanya begitu hamas tidak berminat memperpanjang gencatan senjata, saat itu juga JIHAD ISLAM melancarkan serangan roket ke ISRAEL, mengapa ??? karena ISRAEL berjanji akan membalas serangan dalam bentuk apapun ke daerah mereka.

    Berita silahkan search “Jihad Islam Mengaku Bertanggung-Jawab Atas Serangan Roket Ke Israel”

    Kenapa roket kecil di bales sama F16??? bayangkan saja SINGAPURA melempar roket ke INDONESIA??? pasti semua niat ber-JIHAD melawan SINGAPURA.

    HIDUP INDONESIA ARAB!!!

  12. nice_peace says:

    kalo masalhnya perbedaan…sebenarnya itu bukan masalah..

    kita ini manusa..ga da yang sempurna..
    kita semua punya salah ..kamu dan saya..
    dan perbedaanlah yang melengkapinya..

    perbedaan memang sulid…tapio perbedaan itu indah..

    apakah lima agama di indonesia seperti memecah belah kita..
    jawabannya TIDAK…perbedaan agama tidak berarti apa-apa…kita in satu..
    kita dalam satu negara yang sama…

    begitu juga semua umad muslim kok..
    kita diajarkan cinta damai kok…dan saya percaya seluruh agama di dunia mengajar kan cinta damai… jangan meng-underestimate muslim…

    salah paham jika belajar agama sampe dalam itu bahaya..ga ada cerita seperti itu…
    saya benci perang…anda juga kan ^^

  13. ari says:

    Mari kaum muslim kita berdoa untuk MENGHILANGKAN ISRAEL DARI PETA DUNIA

    ALLAH AKBAR99X

  14. ochiana048 says:

    elo-elo pd maw jihad? GAMPANG!
    itu di indonesia bagian timur kebetulan lg butuh tenaga sukarela buat pembangunan infrastruktur spt saluran air (irigasi), tenaga bantu pendidikan, dan jasa sosial. kasihan bgt kondisinya, hampir setiap hari banyak balita yg meninggal. dukungan finansial jg dibuka, krn uangnya insya allah akan langsung dikirim utk mendatangkan bantuan makanan dan medis.

    ada yg mau ga?

    gw sih bs perkirakan mungkin ga ampe 1% yg maw. knapa? krn byk jg loh masyarakat yg ga ngerti spt apa sih jihad itu. sejauh ini jihad cm diartikan dengan perang dan kekerasan. memang sdh diciptakan spt itu amak kelompok2 memprihatinkan banyaknya korban tumbang cm dijadi’in alat/komoditas politik. kalo misal elo ama partai atau apalah itu kelompok yg ngedukung jihad ke palestin ga ada yg maw terima ajakan gw….. ya sudah!

  15. bingung says:

    @ochiana048

    TOP banget dahh

    elo-elo pd maw jihad? GAMPANG!
    itu di indonesia bagian timur kebetulan lg butuh tenaga sukarela buat pembangunan infrastruktur spt saluran air (irigasi), tenaga bantu pendidikan, dan jasa sosial. kasihan bgt kondisinya, hampir setiap hari banyak balita yg meninggal. dukungan finansial jg dibuka, krn uangnya insya allah akan langsung dikirim utk mendatangkan bantuan makanan dan medis.

    ada yg mau ga?

    gw sih bs perkirakan mungkin ga ampe 1% yg maw. knapa? krn byk jg loh masyarakat yg ga ngerti spt apa sih jihad itu. sejauh ini jihad cm diartikan dengan perang dan kekerasan. memang sdh diciptakan spt itu amak kelompok2 memprihatinkan banyaknya korban tumbang cm dijadi’in alat/komoditas politik. kalo misal elo ama partai atau apalah itu kelompok yg ngedukung jihad ke palestin ga ada yg maw terima ajakan gw….. ya sudah!

    Ini salah satu ajaran yang dilupakan oleh banyak org.
    Kalau kita emang peduli tentang konflik Palestine with Israel,
    knapa ga doain aja, supaya perangny udahan.
    Kan masalah jadi selesai,, jadi tidak ada penghinaan antar agama yang 1 dengan yg lainny..
    Emang berpendapat itu boleh,, ga ada yang ngelarang kok!

    Wassalam.

  16. stupid guy says:

    @nice_peace

    apakah anda salah satu dari agama ini?

    (kata Islam)

    – Hanya Islam satu-satunya agama yang benar.

    [3.19] Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam.

    – Jangan sekali-kali mati dalam keadaan tidak memeluk agama Islam. Karena
    agama diluar Islam ditolak oleh Allah swt, dan semua pemeluknya akan masuk
    neraka.

    [2.132] … maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam.
    [3.102] … ; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan
    beragama Islam.
    [3.85] Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali
    tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk
    orang-orang yang rugi.

    – Orang Kristen itu Kafir karena mengatakan bahwa Allah itu sama dengan Nabi
    Isa, padahal nabi Isa sendiri sudah memerintahkan untuk hanya menyembah
    Allah. Orang Kristen juga kafir karena mengatakan bahwa Allah adalah salah
    satu Tuhan dari oknum Tuhan Trinitas (konsep ketuhanan Three in One).

    [5.72] Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya
    Allah adalah Al Masih putra Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata:
    “Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”
    [5.73] Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah
    salah satu dari yang tiga”

    (kata Kristen)
    Penebusan hanya melalui Kristus
    Yohanes
    14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
    8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.”
    10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

  17. reza says:

    pak ochiana048 ..

    Dari pada bapak ngajak orang buat menjadi tenaga sukarela buat pembangunan infrastruktur spt saluran air (irigasi), tenaga bantu pendidikan, dan jasa sosial. Kasihan bgt kondisinya, hampir setiap hari banyak balita yg meninggal. Dukungan finansial jg dibuka, krn uangnya insya allah akan langsung dikirim utk mendatangkan bantuan makanan dan medis.

    Kenapa ga melakukanx sendiri..klo saya si ya mau saja lah..jangan merendahkan orang seperti itulah…anda seperti menghina orang yang sedang berjuang .jalan hidup orang kan beda2 yang dipilih ada jalan keras ada yang halus..klo mereka milih keras lantas kita maw apa..iitu loh sudah di tulis di AL QUR’AN..bahwa cara manusia itu beda2.lagian kan mereka muslim..mereka masih saudara anda.

  18. nice_peace says:

    stupid guys..

    gapapa kan kita debat agama disini..
    sebab saya menghormati keyakinan anda lho..
    mmmmm…..tapi saya tidak yakin..
    nanti anda bisa melihad argument dan fakta..
    yang nanti saya paparkan..

  19. ochiana048 says:

    hayoo…..
    di manokwari barusan ada bencana lowh. teman satu bangsa lg kesusahan di sana. jaraknya ga jauh koq.

    hayoo…. pilih mana????
    dukung mo ke bantuin hamas, ato mo bantuin temen2 di manokwari?

  20. Annury says:

    Assalamu’alaikum
    Wahai saudaraku seiman… Ingatlah bahwa setiap muslim itu bersaudara. so, palestina adalah saudara kita. ingatlah Israel, bahwa azab Allah itu amat pedih.
    Wahai Israel, janganlah mau menjadi kaki atau tanannya para kaum Yahudi. Merasa bersyukurlah dengan yang engkau miliki sekarang ini.
    Wallahu’alam….
    Wassalamu’alaikm

  21. jackswarm says:

    Israel, sebagaimana di katakan oleh menteri pertahanan Israel ” Israel harus seperti anjing gila, yang terlalu berbahaya untuk diganggu” lihat buku “the Power of Israel in the USA”. Jadi, Nyata sudah.. Kalo Israel ini adalah Anjing Gila, yang karenanya dunia menjadi tidak aman. Solusinya, saya setuju dengan apa yang di ungkapkan Presiden Iran, ISRAEL HARUS DI HAPUS DARI PETA DUNIA !!!.
    Saya menyesalkan Adolf Hitler, Mengapa hanya 6 juta orang yahudi goblok yang mampus, mengapa tidak semua orang yahudi anjing itu di bunuh, mungkin sekarang dunia akan aman. Tapi memang di dalam alquran berulang ulang di ungkapkan kalo Bani Israel ini keras kepala, jadi hanya tuhan yang akan menghukumnya. berdoa saja ummat islam yang beriman dan yakin adanya Akhirat dan Neraka. Israel pasti Musnah, bukan oleh tangan manusia tapi oleh Adzab Allah!, mungkin kita tidak akan menyaksikannya di dunia, Tapi diakhirat nanti, saya ingin mendapat undangan Allah untuk menyaksikan penyiksaan Bani Israel (karena perbuatannya) di NERAKA JAHANNAM ! Amin,.

  22. stupid guy says:

    hayoo…..
    di manokwari barusan ada bencana lowh. teman satu bangsa lg kesusahan di sana. jaraknya ga jauh koq.

    hayoo…. pilih mana????
    dukung mo ke bantuin hamas, ato mo bantuin temen2 di manokwari?

    Manokwari dong!

  23. ade says:

    Coba kalau hitler hidup lagi, gimana ya kaun yahudi!?

  24. Lairedion says:

    Manokwari juga.

    Tapi agresi Israel sangat menyedihkan.

    http://www.liveleak.com/view?i=3b3_1230864719

  25. Yesus Menangis says:

    Buat saudara/i sebangsa dan setanah air,apapun Agama anda,mari kita semua turut prihatin dan bersedih atas konflik berdarah yg sedang terjadi di Jalur Gaza…kita mendoakan agar tragedi berdarah ini cepat berakhir dan tidak akan terulang lagi…ingatlah,bahwa TUHAN yg berhak atas hidup manusia..biarlah TUHAN yg menghukum segala kejahatan manusia,baik dari pihak agresi Israel maupun politisasi wilayah kekuasaan oleh bangsa Arab…yg ptg,kita semua penduduk dunia,khususnya seluruh warga bangsa Indonesia,tidak boleh terpecah…kita harus bersatu padu dan bergandengan tangan…kita harus mencegah agar tidak terjadi PERANG DUNIA III yg potensial menghancurkan peradaban manusia….

    Janganlah membalas kejahatan dgn kejahatan,kekerasan dgn kekerasan…TANGAN TUHAN tidak kurang panjang untuk menolong para korban dan juga untuk menghukum pihak2 yg mjd dalang kekerasan ini terjadi…..

    Apakah kita rela kedamaian hilang dari muka bumi ini???

    Saya kecewa kepad komentar yg menghujat dan merendahkan TUHAN YESUS KRISTUS….knp jadi melebar spt ini…???knp juga ada yg senang melihat Gereja dibom???

    Apakah sudah sedemikian parah etika dan moral bangsa kita shg menghina kepercayaan org lain???

    Baiklah kita semua introspeksi diri,terutama untuk yg gemar menghina kepercayaan org lain dan addicted pada perang dan kekerasan…..

  26. Manar says:

    Tidak ada satu bangsapun didunia ini selain bangsa Israel yang memiliki sejarah yang unik dimana Tuhan hadir dan terlibat secara langsung dalam sejarah perjalanan bangsa itu; sebagaimana yang kita ketahui dari Kitab Taurat bahwa oleh perintah Tuhan, Musa bersama bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan di Mesir dan menuju kesebuah negeri yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham bahwa kepadamu dan kepada keturunanmulah kuberikan negeri ini untuk selama-lamanya.

    Itulah Tanah Kanaan, tanah yang kini menjadi sengketa antara Bangsa Israel dan bangsa-bangsa yang menentang kehendak TUHAN.

  27. LuPh_Z says:

    wach . . . – wach . . . 1 Damai 1 bwaT MasaLah
    Yach Bingung Teruz……….. Kapan Dami Nya Bener2 Parach Saya sih..
    DukungnYa PALESTINA ttP : ttP Palestina Jg bwaT masaLah ISRAEL dach Diem
    Malah Luncurin ROCEKET duh~—- duh~—-
    Kan Sm’w NEGARA jDi RepoT APa Lagy PBB repot Kaya dLu aja INDONESIA di jajah saMa JEPANG DAN BELANDA

    Yach Tp SiaPapun musuhnya Jgn Takut lach Takut HanyaLah pada ~ALLAH~
    Ko Jdi Ceramach Ya”
    Kasian P’da anak – anak Di Hancurkan begitu saja GeneRasi MuDa

  28. AsD says:

    Wach wach 1 damai 1 bwat Masalah Yach ingung teruz Kapan damai Nya Bener2 Parach Saya sih ngebela PALESTINA yach tp Siapapun musuhnya jgn takut lach takut hanyaLl
    Ko jdi Ceramach Ya
    Kasian P’da anak – anak di Hancurkan begitu saja Generasi Muda

    Tidak ada satu bangsapun didunia ini selain bangsa Israel yang memiliki sejarah yang unik dimana Tuhan hadir dan terlibat secara langsung dalam sejarah perjalanan bangsa itu; sebagaimana yang kita ketahui dari Kitab Taurat bahwa oleh perintah Tuhan, Musa bersama bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan di Mesir dan menuju kesebuah negeri yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham bahwa kepadamu dan kepada keturunanmulah kuberikan negeri ini untuk selama-lamanya.

    Itulah Tanah Kanaan, tanah yang kini menjadi sengketa antara Bangsa Israel dan bangsa-bangsa yang menentang kehendak TUHAN.

  29. diego says:

    Wah wah, banyak semitic drones disini mengutip dari dongeng-dongeng semitic (talmud, testaments, dan quran) untuk justifikasi keberpihakan mereka (baik atas isarel maupun arab).

    Loe pernah ngaca gak? Loe tu bukan semites, ngapain juga pusing-pusing berpihak. Mending kita rapatkan diri dengan rekan-rekan regional kita, yang secara genetik dan kultural jelas lebih dekat dengan kita (india dan asia timur).

    Forget all those semitic bullhids.

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-20
Privacy Policy | Terms of Use | Contact