Surya Paloh & Nasional Demokrat

Feb 4th, 2010, in Opinion, by

A new mysterious political movement led by Surya Paloh, Nasional Demokrat, launches.


National Democracy? Where’s the Beef?

What are we to make of the National Democrats (Nasional Demokrat (ND, NasDem)), the political vehicle of Golkar figure Surya Paloh launched with much fanfare on February 1st at Istora Senayan, Jakarta?

Their ads certainly brightened up my bus journey through Jakarta the other day, and the presence at the helm of the Sultan of Jogjakarta tends to give a favourable image, not just to me as a monarchist, but because he has a reputation as one of the few honest men in Indonesian politics, despite his family’s long connection with Golkar (mind you, to criticise him for that would be similar to disapproving of Yeltsin because he clawed his way up through the CPSU – both were parties addicted to oppression, but both were the only avenues towards getting anything done during their respective hey-days. I might prefer Solzhenitsyn as a nobler character, but we all have to think about what we would do in the grip of a totalitarian/authoritarian regime) but according to the news, the new movement has got off to a tatty start by virtue of its audience consisting at least partly of hirelings.

… a crowd estimated at 12,000 strong — a number of whom told the Jakarta Globe that they had been paid Rp 25,000 ($2.70) to attend….

A lot depends on what we think of the arguably senior partner in the new enterprise, Surya Paloh, boss of Metro TV and numerous other media outlets. He too has been a long-term Golkar apparatchik, and cynics might suggest he has branched out because he got defeated for the leadership of Golkar by Bakrie. He also only recently appeared to be hitching up to Wiranto’s Hanura Party.

Nasional Demokrat (ND, NasDem)

Surya told the crowd:

We all hoped the reform era would have brought us to a better position…Reform has not helped us achieve our goals…. People are growing more selfish.

Well, can’t quarrel with that! Except that it’s not so much the people, as in the electorate, but some people, notably the elite ratbags whose selfishness is all the more disgusting in that they are already as rich as Croesus, yet can’t stop their ugly snouts burrowing ever-deeper into the fabric of Indonesia. Pay hikes for politicians, free cars, free houses, free laptops. it reminds me of Homer Simpson getting a prize of a holiday in a posh hotel and running about ripping off the accessories..’free soap, free tooth-brushes, free…shower-gel!’ But Homer is a working stiff who doesn’t have a lot. The elite here have everything, and flaunt it.

Surya said that as a result, the poor remained poor, the rich remained rich and

the dumb remained dumb.

And that his organization would lessen the burdens of the people.

Surya Paloh
Surya Paloh

Okay, nice words, but where’s the beef? Surya himself has never had a major say in government, but one is nevertheless known by the company one keeps, and who did he invite onto his platform, besides the good Sultan?

Megawati was President for some time, Kalla was known as the most powerful VP ever, Wiranto the War-Horse is still regarded with immense suspicion by reformers and…who’s this Mubarok fellow anyway? Not a force to be reckoned with but the others have had loads of opportunities to make a difference. Didn’t they? I won’t comment. but I’m sure lots of IM posters will.

Anis Baswedan, rector of Paramadina University, said he was asked to join the organization in December:

As long as this is not a political party, I decided to join

And added that he had Surya’s commitment not to transform the organization into a political party.

So what the heck is it? If Surya has given his word, it isn’t going to be a party. If he breaks his word, why would anybody trust a party with him at the head of it?

However, Meutya Hafid, head of the National Democrats’ organizing committee, did not rule out the possibility that the organization was the beginnings of a political party, but said that they would wait to gauge the public’s reaction. In the next two weeks, Meutya said, the organization would meet to discuss its regulations and programs. The organization is also expected to spread to the district level. “We want to make it slowly but surely,” she said.

And we bemused expats, as well as millions of citizens, presumably including Mr. Baswedan, await patiently to see if the media magnate and the monarch can emerge from this morass of double-talk with any shred of consistency, let alone any prospect of being taken seriously as potential leaders of Indonesia.

What would be much nicer would be a commitment from the Sultan and the Mogul to stop the plunder of public treasure, the hunting down of corruptors, the restoration of freedom of religion (not much chance of that with the Democrat party having endorsed the suspension of Ahmadiyah’s liberties) and the suppression of primitive and barbaric practices like polygamy and pedophilia which bring this nation of fine people into disrepute around the world.


155 Comments on “Surya Paloh & Nasional Demokrat”

  1. dulla says:

    bang ane dari kutacane aceh tenggara….. bang ane sebenarnya tertarik ma perjuanggan abang yang pantang menyerah…. ini menjadi motivasi bagi saya untuk menjadi kader di partai abang… gi mna ya caranya?

  2. restorasiindonesia says:

    Indonesia membutuhkan agen perubahan, membutuhkan mereka-mereka yang mempunyai visi untuk merubah indonesia menjadi lebih baik lagi. Nasional Demokrat Mengajak kita sebagai anak bangsa untuk bersama-sama bahu membahu merestorasi negara tercinta kita Indonesia. Bergabunglah bersama kami, restorasi Indonesia gerakan untuk perubahan.

    Buat saudara-saudara yang ingin ambil bagian dari gerakan perubahan untuk indonesia ini bisa mendaftarkan diri disini

  3. josef tasi says:

    yang ingin saya ketahui ngga pernah dijawab.
    alamat untuk kantor pusat partai ini dimana.
    jawaban ini yang dibutuhkan.
    salam

  4. deta says:

    It’s the very first hit on google and they probably have to make more of an effort to find this site than the real one

    I think they use “Surya Paloh” instead of “nasional demokrat” as the keywords to search on google which puts this site above the real one.

    I get the impression they just don’t read anything anyone else has said, just go straight to what they want to say

    Iya, Mas Patung, the posts above just prove it. Have to stop helping them now 😀

  5. hj elviati achmad psi says:

    saya ingin bergabung dengan nasional demokrat.

    alasannya : sebagai propesi psikologi menurut pemikiran saya sangat dibutuhkan dalam proses hubungan di masyarakat.

    saya yang beralamat di jl gatot subroto km 6,5 no 274 d medan.

  6. mawardi says:

    bravo, nadem. kami butuh ormas yang bisa menyeluruh dari daerah sampai ke nasional. kami dari komunitas ALUMNI MAHASISWA PERANTAUAN DAIRI SUMUT (ALUMPEDAS) mendukung berdirinya nadem. kami berharap ormas ini dapat menjadi pintu semakin eratnya BHINEKA TUNGGAL IKA. MERDEKA.

  7. Gusti Sudirga says:

    Saya Ingin menjadi anggota relawan Nasional Demokrat Cabang Bali,
    dimana kami harus mendaftar dan apa persyaratannya.

    Terima kasih Atas Informasinya
    Semangat Nasional Demokrat terus bergema di Bumi Persada Indonesia

  8. Azwar Rizal says:

    Sudah saya memperhatikann banyak partai tapi tak satupun yang terng terangan membela kepentingan rakyat, semoga dengan berdirinya partai saya masih punya secercah harapan ke masa depan, saya seluruh keluarga besar mendukung Partai ini, Jaya selalu PARTAI NASIONAL DEMOKRAT. kami mndukungmu.

  9. muhammad yasrin says:

    perkenalkan nama saya muhammad yasrin Hp 081372758542,
    saya beralamat di Tiban Lama Batam propinsi kepulauan Riau . Pertama kali saya mendengar bahwa Bapak Surya Paloh mendirikan partai baru yang bernama Nasional Demokrat, saya mulai berharap untuk bergabung di partai ini, namun saya tidak mengetahui alamat sekretariat Partai Nasional Demokrat di Batam Propinsi Kepulaun Riau. Saya berharap mendapatkan informasi mengenai alamat dan syarat apa saja yang diperlukan untuk bergabung dengan Partai Nasional Demokrat. Atas perhatiannya saya ucapkan ribuan terima kasih

  10. Hendro says:

    Semangat Pagiiiii !!

    Bp.Surya Paloh memiliki tanda-tanda dan jejak langkah yang cukup banyak untuk layak dipandang sebagai salah satu Pemimpi National. akan bisa menjadi kekuatan bagi perubahan nasib bangsa bila mampu mengimplementasikan berbagai program yang pernah disampaikan.
    BANGSA INI MEMERLUKAN PEMIMPIN YANG MEMILIKI KEINGINAN UNTUK MENGANGKAT DERAJAT ANAK BANGSA INDONESIA YANG SUDAH TERINJAK DAN TERGADAI.
    Kalau ada kesempatan kami atas nama dan demi Anak Bangsa Nusantara, siap untuk menyampaikan program yang mampu untuk merubah nasib bangsa <
    Tanah Air Ibu Pertiwi seharusnya dikelola untuk sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat, bukan hanya untuk Investor Asing. Karena Kita Pasti Bisa mengelola dan membangun Bangsa, namun untuk itu Kita Perlu Pemimpin.

    Salam Anak Bangsa

  11. JOeremi says:

    Jadi pengen gabung untuk dapat berbuat bagi negara ini

  12. Tatok M. ANSORI says:

    Saya ingin bergabung dan berjuang mencapai Visi dan Misi National Demokrat di Jawa Timur atau Malang, mohon informasi selengkapnya.

    Terima kasih

  13. Rachmatullah Wqaksono says:

    Saya sangat mendukung atas berdirinya partai nasional demokrat yang di pimpin bapak Surya Paloh. Karena NKRI butuh seorang pemimpin yg bisa melindungi dan mensejahterakan masyarakatnya. karena pemimpin dan pejabat kita sekarang ini MENTALNYA jelek dan hanya memperkaya diri sendiri. INDONESIA SANGAT PERLU PERUBAHAN TOTAL, saya ingin jadi anggota partai nasional demokrat bagaimana caranya?. R.Wiqaksono Jember Jawa Timur.

  14. realest says:

    1. Please write in english as suggested by the language used by the article
    2. What has Surya P done for this country? I mean except amassing a fortune, take on pseudo grandeur titles and creating more segregation to an already-collapsed party system? Or at least produce visions such as Megawati(no, i didn’t vote for her on the last two elections).

  15. Ahmad Hidayat, ST. says:

    Saya sangat tertarik dgn nasional demokrat dan saya ingin ikut terlibat dalam organisasi yang dipimpin oleh bapak surya paloh bagaimana cara saya ingin jd salah satu pengurus di sukabumi mohon petunjuk.Trims.

  16. DONI ZULKIFLI, ST says:

    Dari awal pertama kali saya mendengar nama PARTAI NASIONAL DEMOKRAT dengan di iringi nama Bapak SURYA PALOH dibelakangnya saya jadi tertarik dan tergerak hati nurani saya untuk gabung di Partai Ini…saya mohon diberi petunjuk dan arahan bagaimana caranya bergabung di Partai ND ini untuk daerah Kota Solok Provinsi Sumatera Barat…Mohon diberi petunjuk…TerimaKasih

  17. dr.hm.sadik sahil.mkes says:

    aww.saya tertarik menjadi pengurus nasional demokrat di daerah kalimantan timur. bagaimana caranya.

    wass

  18. David Indra Purba, SSi says:

    Saya, tinggal di Lippo Cikarang dan berniat mau bergabung ke National Demokrat, yang dekat ke daerah saya dimana ya atau saya menghubungi kemana, tks.

  19. Marselinus Pagoga says:

    Maju terus Bapak Surya Paloh

  20. restorasiindonesia says:

    Perubahan perlu dilakukan di negara ini, untuk itulah nasional demokrat hadir. Nasional demokrat hadir untuk mengajak teman-teman kaum perubahan untuk bersama-sama membangun negara ini menjadi lebih baik, merubah negara ini menjadi lebih tinggi di mata dunia

    Bergabunglah bersama kami di http://restorasiindonesia.com/keanggotaan

    Salam perubahan!!!

  21. Sangkot Napitupulu says:

    peubahan lbagi indonesia lahir dari pelopor baru seperti ‘Surya Paloh’, Nasional Demokrat untuk Indonesia Baru.

  22. muahlli says:

    saya orang madura
    saya mau gabung dengan ormas demokrat gerakan perubahan bagaimn caranya

    085730092023

  23. siswo milono says:

    pingin gabung di ND dan jadi pengurus di Kecamatan, pasti Oke.Trims.

  24. Hari says:

    Setelah menyaksikan peresmian Partai Nasional Demokrat dengan Ketua Umumnya Bapak Surya Paloh maka perkenalkan saya nama Alexander Hari Sugiarto, S.Th dgn alamat Komplek Puri Cipageran Indah 1 blok G no 6 Cimahi ingin mengetahui Visi dan Misi daripada Partai Nasional Demokrat.

  25. Agus salim says:

    Indonesia adalah Negeri yang Gemah Ripah Loh Jinawi adalah negeri yang subur makmur bagi kalangan tertentu, Indonesia adalah bagai nirwana bagi mereka yang dapat merasakannya…… Negeri indonesia adalah tempat yang paling nyaman, apapun ada di indonesia, ada ustad ada manusia yang palig jujur, ada koruptor, ada markus, ada mafia peradilan ada orang yang susah makan ada pula orang yang kekenyangan, pokoknya apapun ada di negeri ini, ada ganja, ada ektasi katanya, seperti yang sering kita lihat di televisi. apalagi bencana alam juga ada dimana – mana…… wah pokok Indonesia itu negara yang paling sempurna lho di se antero dunia ini. jangan lagi tanya yang namanya orang miskin wah wah wah, kalau dinegara lain mungkin nggak ada. yang namanya pemilihan umum untuk legeslatif, wah banyak caleg yang pada sedekah uang, dan masyarakatnya pun sangat pintar, kalau disuruh pilih wakil rakyat di legeslatif dia pilih yang memberikan uang atau hadiah lainnya, biar ada orang baik kayak dewa kalau jadi caleg nggak ngasikkan apa apa wah pasti nggak terpilih, tapi biar jelek kayak syetan kalau banyak memberikan uang sama orang wah pasti terpilih. weleh….weleh…..
    gimana ni Bung surya Paloh. saya udah mumet…. nih…. entah karena apa….. ya….
    tolonglah saya ini. apa mungkin saya salah pakai kacamata jadi penglihatan saya terhadap bangsa kita ini kok jadi kabur nggak karuan.
    oke…. Bung Surya Paloh demi Tuhan saya berharap dengan Lahirnya Bayi Bung surya Paloh Yang Bernama NASIONAL DEMOKRAT semoga dapat mengobati Penglihatan saya menjadi NORMAL, karena saya sudah ceritakan mengenai penglihatan saya ini banyak Dokter mata ggak sanggup mengobatinya.
    Mari bergabung dengan Nasional Demokrat.
    MEEEERRRRRRRRRdeka!!!!!!!!!!

  26. Agus salim says:

    Yth : Bung Surya Paloh.
    saya lihat dari performent Bung Surya di media elektronik, wah aku cukup kagum, dan jatuh hati, rasanya saya ingin banyaaaaaaaaak curhat dengan bung surya , terutama curhat tentang Bangsa dan Negeri kita yang sangat aku cintai ini.
    nah……. curhat saya yang pertama bung…… semenjak saya lahir saya punya kelakuan tingkah laku yang aneh dan saya tahu kalakuan saya itu tidak baik tapi kalau saya tanyakan sama temen – temen kok banyak yang mengatakan kalau kalakuan saya itu sangat wajar dan tidak bisa dikatakan tidak baik. mau tahu ceritanya. kalakuan saya tu.
    begini lho bung surya…… saya itu kalau lagi ngurus surat -surat di Kelurahan atau kantor-kantor pemerintah kalau udah kelar rasanya nggak enak kalau nggak nanyak berapa biayanya. padahal saya udah tahu kalau urusan tu tak perlu ada biayanya apalagi saya tahu kalau pagawai pemerintah itu udah digaji dari hasil kekayaan negeri ini yang notabene kita kita juga yang punya negeri, itu tugasnya melayani rakyat. nah kelakuan saya tu bener apa salah sih Bung Surya….???????????????????????????????????? dan lagi biasanya para pegawai pemerintah itu kalau ditanya berapa biayanya kok jawabnya malah terserah………… jadi gimana dong……nah saya punya kelakuan juga aneh lagi niiii
    orang udah bilang terserah yaaa….. nggak saya kasik apa apa cuma ku bilang terima kasih ehh……… marah pula orang tu……. jadi gimana dong Bung Surya……..
    Thanks. mohon maaf bung kalau bung surya bilang saya lagi mabuk saya nggak marah
    tapi tolong dong obatin Mabuk saya ni……..

  27. Agus salim says:

    Bung Surya Paloh Tercinta. masih boleh kan aku mau curhat……..kan
    Saya pernah punya pengalaman ada urusan memperpanjang Visa di imigration kuching malaysia. wah hebat……di loket tertera touris visa extention 6 Ringgit. udah saya bayar 6 Ringgit saya bawa paspor saya keloket berikutnya langsung cap selesai. penyakit kebiasaan saya di indonesia pun keluar, saya ambil uang 5 Ringgit dan saya berikan kepada petugas yang mengecap paspor saya dengan mengucapkan terima kasih ini sedikit uang sebagai ucapan terima kasih ……. alangkah kagetnyanya saya… petugas itu bilang,,,,,,, ehhh…. you pikir kamu banyak uang ya….. aku punya salary udah lebih dari cukup….kamu kurang ajar….. kamu anggap aku pengemis kah?????
    wah……….. aku langsung ingat di negeri asalku………. seandainya semua pegawai pemerintah dan pelaksana pemerintah Indonesia kayak begitu………. alaamaaaakkk
    senang betul kita ini. dan ketika saya keluar dari perbatasan malaysia saya harus minta cap keluar dari imigration malaysia. setelah selesai di cap penyakit kebiasaan saya selalu muncul tiba tiba. dengan ringan saya bertanya berapa harus saya bayar, petugas itu jawab tegas tak perlu bayar. wuh……. hebat. kalau di negeri kita biasanya dijawab terserahlah…….. dengan nada mengharap…..
    cerita saya ini pernah saya ceritakan dengan temen responnya temen katanya…..ah… ceritamu nggak menarik nggak lucu katanya, nah gimana menurut Bung Surya….. jawab dong biar dibaca masyarakat Indonesia sebagai Pendidikan Politik kita.
    Thanks and Regard

  28. Imam R. says:

    Semoga lima tahun ke depan Nasional Demokrat akan menjadikan salah satu kotestan Pemilihan Umum dan menjadi Partai penyelamat Bangsa yang mendambakan Perobahan. Saya sangat ingin menjadi anggota NASDEM bagai mana caranya?

  29. J Suyono says:

    Yth Bpk Surya Pakoh

    Ijinkanlah,saya memperkenalkan diri, nama saya J Suyono. saya asli /dilahirkan di klaten/solo, dan sekarang berdomisili/bergreencard usa…tinggal selama lebih dari 20 tahun.
    Pendidikan saya ,drs lulusan ugm jogya serta MA and MFP dari ohio univ.. athens ,ohio.
    Saya telah membaca dan melihat/mendengar pidato Bpk(metro tv) …yg berkwalitas sangat bagus sekali juga misi dan visi ND yg Bpk pimpin
    Saya telah bosan serta muak lihat tingkah laku semua partai2 di negri kita, yg selalu mengumbar janji2 ,haus kekuasaan,tidak bisa mensejahterakan rakyat,rakyat hanya sbg obyek penderitaan utk selama lamanya dll
    Tidak ada satu partaipun di negri kita yg BERWAWASAN MULIA spt yg di katakan oleh Pres Kennedy” NOT WHAT YOUR COUNTRY CAN DO FOR YOU BUT WHAT YOU CAN DO FOR YOUR COUNTRY” dan banyak sekali wawasan2 positif lainya yg dapat diterapkan di indonesia dlm segala bidang kehidupan.
    Kalau ND yg BPK pimpin punya wawasan spt tsb diatas ,saya sangat ingin sekali bergabung/join on board.
    Kebetulan saya punya rencana berlibur 4 minggu ke klaten/solo di bulan juni ini, apabila Bpk berkenan dihati , apakah boleh saya berkunjung ke kantor ND, utk berbincang bincang ttg pengalaman/hal2yg positif yg dapat diterapkan di negri kita.

    Terima kasih atas perhatian Bapak.

    Hormat saya

    drs J Suyono MA,MFP

  30. MUSRIFIN says:

    Sebelumnya saya perkenalkan nama saya yaitu musrifin dari kota Mojokerto.
    Menurut saya Partai ini sangat berkualitas, masyarakat sangat antusias dengan kehadiran partai ini.baik dari kalangan bawah, menengah, atas.
    Saya berniat gabung dengan Partai ini tapi belum tahu apakah sudah ada atau tidak kantor sekertariat partai ini dimojokerto..??
    kalau ada saya berharap bisa di tunjukkan,,??
    dan apa saja syarat2 menjadi anggota partai ini…trima kasih..

    SMOGA SUKSES BUAT KITA SEMUA ?????!!!!

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-20
Privacy Policy | Terms of Use | Contact