Gadis Cantik dari Surabaya

May 14th, 2008

Sandra Angelia, gadis yang melek politik, memenangkan Putri Indonesia 2008 untuk Jawa Timur.

Miss Indonesia 2008

Sandra Angelia dari Surabaya, Jawa Timur dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2008 di Jakarta Convention Centre, dipilih oleh 7 juri yang salah satunya adalah politisi hiper-nasionalis kerabat dari Golkar Yudhi Chrisnandi. Sandra juga dinobatkan sebagai Putri Favorit yang dipilih publik lewat SMS.

Kartika Indah Pelapory dari Maluku sebagai juara kedua sementara Priscilla Yvonne Supit dari Sulawesi Utara sebagai juara ketiga, tapi cukup tentang kedua finalis ini.

Anak Pendeta

Sandra adalah anak dari Pendeta Kristen Yusak Hadisiswantoro dan Asti Tanuseputra. Kakeknya, Abraham Alex Tanuseputra, adalah pendiri Bethany, Gereja "Keluarga Sukses"

Gadis dengan Nilai-Nilai Ketimuran

Sandra mengatakan bahwa dia tidak biasa mengenakan pakaian yang terbuka dan dia sadar sekali bahwa sebagai anak pendeta, dia harus hati-hati mengenai hal ini.

Sandra Angelia

Mengenai masalah memakai bikini (lihat masalah yang dihadapi pemenang kontes kecantikan Indonesia sebelumnya - Nadine Chandrawinata) Sandra ditanya oleh wartawan - apa ia bersedia untuk mengenakan bikini di Miss World 2008 di Ukraina? Jawab Sandra

Saya harus mengenakan pakaian renang dalam kontes, itu tidak masalah. Tapi kalau bisa ditawar, saya akan tetap bertahan dengan nilai-nilai ketimuran, saya akan mengenakan baju renang terusan.

Pintar

Setelah hijrah dari Indonesia di umur 13 setelah kerusuhan May 1998, Sandra bersekolah dan akhirnya belajar arsitektur di University of Western Australia di Perth. Entah apa latar belakang ini membantu dalam menjawab pertanyaan dari juri; yaitu:

Indonesia kaya akan hasil alam, tetapi banyak penduduknya yang miskin dan ekonominya agraris. Sektor ekonomi apa yang akan diprioritaskan jika anda adalah pemimpin negara?

Jawaban Sandra mencengangkan penonton dan menggugah juri dengan mengatakan bahwa hal terpenting ialah memastikan bahwa hukum di tegakkan dan diterapkan dengan benar di Indonesia dan hal-hal lainnya akan terjadi dengan sendirinya.

Artikel ini diterjemahkan oleh Lyn dan Anna dari versi bahasa Inggris - Sandra Angelia.

9 Komentar on “Gadis Cantik dari Surabaya”

  1. avatar Erick bilang:
    June 13th, 2008 at 9:33 am

    Bener koq. Ekonomi yg akan menentukan kebijakan politik, dengan demikian hukum akan terbentuk dengan sendirinya. Kalo kebijakan hukum yg ditegakkan duluan, pas nanti udh terbentuk dan paten, ekonomi dunia sudah berubah arah, maka wala hualam lah ekonomi kita.

    KAPAN BANGSA KITA MAU MAJU KALO NYANG DUDUK DI SANA MIKIRNYA MASIH OLD SCHOOL GITU???

  2. avatar Joko bilang:
    June 16th, 2008 at 1:12 am

    Jawaban Sandra sungguh tidak istimewa, malah gugup dan bilang kata “dunia” padahal yg dia maksud adalah “Indonesia”.
    Bahasa Inggrisnya juga bahasa inggris sehari2, bukan bahasa formal selayaknya jika berkata dalam bahasa Indonesia yg baku.

    Sandra bukanlah seorang gadis istimewa, dia sangat menyukai gaya hidup mewah, waktu sekolah di Perth mobilnya juga Mercy, keren yaj? padahal cuma student tapi mobilnya mahal yah!

    Sandra juga ngga cantik sekali koq, pipinya tembem, mata terlalu sipit (mungkin perlu dioperasi dikit), dagunya terlalu pendek sehingga terlihat kecil ngga sebanding sama pipi.

    orang tuanya kerjanya cuma pendeta koq, duit dari mana yah? bisa ngidupin dia selama 9 taon di Perth?

    Keadaan Indonesia akan terus memburuk karena moral bangsanya yg rendah, liat aja deh, pendeta yg mustinya berahlak tinggi malah cuma sibuk mikirin kekayaannya sendiri.

    Sandra bilang : Hukum harus ditegakkan. Hukum yg mana yah? Kalo ortunya sandra bayar pajak ngga? kalo bayar emang gajinya berapa? koq bisa sanggup bayar uang sekolah anak2nya di Perth.
    Kalo dia bener2 hidup berdasarkan hukum yg berlaku, rasanya ngga mungkin bisa biayain sandra dan idup mewah selama 9 taon di Perth.

    Jawaban Sandra cuma hayalan belaka.

  3. avatar ebby asmara bilang:
    June 29th, 2008 at 8:52 am

    Menurut pendapat saya bahwa ia memang cantik karena aku dapet baca lewat komentarnya dan juga dia adalah anak pendaeta salam kenal dari timor leste buat cantik nadice by ebby kiss lewat email aja yah…………………

  4. avatar Miss RT bilang:
    July 13th, 2008 at 11:45 pm

    Ya, kita hargailah upaya Sandra meraih prestasi itu. Meski di satu sisi model-model mis-misan kayak gini kan belum bisa jadi sesuatu yang ngangkat rasa bangga nasionalisme. Tapi ya tidak salah kalo yang bangga cuma segelintir orang, termasuk di dalamnya ortu, saudara, kenalan, jemaat, panitia, sponsor daripada Sandra.

    Yah lebih oke ya ke depan, dia pake sejarah prestasinya itu, untuk gerakan nyata membangun bangsa. Tindakan-tindakan konkret yang langsung dirasakan bangsanya. Mis-misan ini jadi semacam poin entry gitu loh.

    Soal bahwa dia anak pendeta. lantas nanti pake bikini ya ndak masalah. Wong dia memang sedang bersusah payah, berkeringat, dengan apapun mau dilakoni termasuk ber bikini demi..jadi “ikon perempuan”. Untuk semakin mengokohkan opini tentang perempuan ideal itu adalah yang semacam dicanangkan dalam acara mis-misan itu.

    Soal etnisitasnya…..yang mungkin juri lagi pengen atau sedang selera yang oriental. Semoga besok lagi ada yang Arab, India juga boleh. Ini mungkin saatnya mengedepankan yang keturunan.

  5. avatar Dhony bilang:
    April 4th, 2009 at 11:27 am

    Memang benar sandra cantik banget pokonya dari dalam maupun luarnya
    salam buat arek2 sidorukun – gresik

  6. avatar cipluk bilang:
    April 20th, 2009 at 3:34 am

    Eh joko, sandra emang anak pendeta. elo tau gak kalo pendeta itu bekerja di ladang TuHAN. jadi siapa yang gaji ortunya sandra? Ya TUHAN. Kalo dia sekolah di perth en naek mobil mercy ya berarti luar biasa donk pekerjaan ortunya berkenan di hadapan TUHAN sehingga berkelimpahan berkat. Jangan dikira pendeta itu miskin lho! anak TUHAN mah kaya-kaya. elu ngiri yah…hihihi Joko-joko kecian dech lu !!berdoa yg byk yah jgn ngurusin kekayaan org laen.

  7. avatar emanuella sandra amelia kardini bilang:
    May 10th, 2009 at 8:04 pm

    eh kamu joko jaga mulutmu.Tuhan Yesus mengasihimu..kamu iri y kacian deh elo…anak Tuhan ma semua jadi raja tau…jangan ngomong sembarangan kamu y…kami mengampunimu dan memberkatimu.jauhkan iri hatimu.SEGERALAH BERTOBAT.

  8. avatar Astrajingga bilang:
    May 10th, 2009 at 10:16 pm

    Iya Joko, segera kamu bertobat. Ini tempat untuk membicarakan miss-miss-an, jangan dibawa-bawa ke arah berpikir kritis.

    Tobat kamu. Bersukurlah bahwa bapaknya Pendeta protestan. Coba kalo bapaknya katolik yang nggak kawin, nggak bakal ada sandra di dunia.

    Camkan itu!

    Mungkin kamu iri karena nggak bakal menang dalam kontes miss-miss-an.

  9. avatar tjahjo dwi poetro bilang:
    December 6th, 2010 at 1:54 pm

    I like your personalities and your performance

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-09