Pengampunan Pak Harto

Jan 14th, 2008, in Id, by

Sementara mantan presiden Soeharto mendekati ajal, beberapa tokoh masyarakat menganjurkan pengampunan atas sejarah hidupnya.

Di tengah keadaan kesehatan Soeharto yang genting, liputan media massa yang tanpa henti memberitakan “kesehatan membaik/ kesehatan memburuk”, dan makamnya yang tengah dipersiapkan, nasib pengusutan tertunda terhadap Soeharto mengenai pencurian modal Negara telah diperbincangkan kembali.

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid

Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Hidayat Nurwahid menekankan bahwa Soeharto harus tetap diadili, karena

“Undang-Undang Dasar menyebutkan Negara [Indonesia sebagai] Negara hukum.”

Lain lagi dengan mantan jawara ‘Reformasi’ Amien Rais, beliau menganjurkan sebaiknya pemerintah dan masyarakat memaafkan Soeharto sepenuhnya, sekaligus mengakhiri segala kasus pidana maupun perdata terhadapnya.

Amien Rais
Amien Rais.

Sambil membacakan pernyataannya di Yogyakarta pada tanggal 14 Januari, Amien berpendapat bahwa kebanyakan masyarakat tidak mengambil sikap terhadap Soeharto sejak awal, sampai akhirnya ia memiliki kekuasaan yang luar biasa, dan dengan begitu banyak orang di Indonesia yang ikut “menanggung dosa” akan perbuatan-perbuatan Soeharto.

“Tidak ada satupun dari 1.000 orang itu baik dari parpol, TNI, Polri, utusan daerah, dan utusan golongan yang berani mengatakan tidak kepada Pak Harto.”

Amien berharap kalau di masa depan masyarakat dapat menyuarakan pendapatnya akan pemimpin mereka sendiri,

“untuk menghindari munculnya kembali fenomena Soekarno dan Soeharto,”

Presiden SBY yang mengambil sikap di tengah-tengah meminta segala pihak untuk menyurutkan perseteruan pendapat, paling tidak sampai Soeharto jelas meninggal dan telah masuk liang kubur.

“Mari kita hentikan polemik, debat, silang pendapat yang kurang bijak dan kurang tepat diangkat saat ini.”

Soeharto sudah banyak berbuat baik untuk Indonesia, ujarnya:

“Namun [kekurangan-kekurangannya] tidak menghalangi kita untuk memberikan rasa terima kasih dan penghargaan terhadap jasa dan pengabdian beliau.”

Artikel ini diterjemahkan oleh Hannah Mulders dari versi bahasa Inggris – Forgiveness.


14 Comments on “Pengampunan Pak Harto”

  1. mas_trie says:

    Setidaknya masyarakat telah diberi kebahagiaan oleh pak harto selama 32 tahun. Jaman dulu semasa saya kecil, tidak ada yang namanya masyarakat mengeluh.
    Saat ini di era reformasi, semuanya serba mahal, dan itu yang membuat beda kepemimpinan beliau dengan penerusnya.

  2. Clauds says:

    Menurut anda dapatkah soeharto diberi pengampunan dengan rehabilitasi dan kalau dihubungkan dengan pasal 14 uud 45 bagaimana?

  3. Dragonwall says:

    Semua orang menuntut reformasi, karena banyak dikipas dari belakang oleh elit politik dengan maksud tertentu. Yang jadi pahlawan itu yang telah meninggal.

    Sepintas lalu saya kira apa yang dia lakukan itu wajar wajar saja dan mempertimbangkan apa yang dia lakukan untuk negara ini dibanding dengan pemimpin Indonesia sampai saat ini, kita dapat menegerti perbedaan dengan keadaan dulu dan sekarang.

    Kadang seseorang pemimpin harus melakukan sedikit korupsi dan kolusi untuk dan demi masyarakat.

    Kesalahan Soeharto itu adalah terlalu enteng terhadap anak sendiri yang suka membuat onar seperti berantem antara kaka adik dan juga cucu dan banyak pejabat yang sekarang ongkang kaki dan kipas terus.

    Dimata masyarakt itu adalah perbuatan Soeharto. Jadi apakah itu kita semua perlu mengadakan sesuatu pengampunan?

    Kalau kita ingatkan 32 tahun jaman tenteram, aman dan jaya raya untuk negara Indonesia dan masyarakat itu sudah cukup menghilangkan semua buruk yang dikatakan dilakukan dia.

  4. Diana says:

    Ampuni bpk soeharto,karna jasanya yg besar yang telah membawa indonesia dalam pembangunan yang pesat.Tidak ada pemimpin yg sama seperti sepak terjang pak harto dlm membangun bangsa ini sekarang.

  5. Janma says:

    Tai kucing rasa coklat! Meh!

  6. Dragonwall says:

    Tai kucing rasa coklat! Meh!

    Kalau boleh saya tanya mbak Janma sudah berapa lama di Indonesia dan menjadi WNI?

    Kalau benar orang asli Java maupun Indonesia. Umumnya ‘Minum Air Tahu Darimana Sumbernya”.

    Kita harus tahu melihat dan mempertimbangkan sikon sejernih air yang tai kucinf bukan rasa coklat.

    Waktu saya masih usia 12 mulai tahun 65 saya sudah tiap hari mendengar berita dan membaca koran tentang perkembangan disekitar Asia, yaitu Indonesi dan Singapoura.

    Persis seperti ayah teman saya, orang pertama yang agen mobil mazda di Singapura dan Indonesia sebelum agen dia diperebut oleh Liem Sioe Liong.

    Tentang peristiwa diatas 65 boleh dibilang masih gentayangan dihadapan saya dan bukan sekedar membaca buku sejarah.

    Maka pada garis bawa untuk menilai seseorang pemimpin baik dan buruk kita harus selalu menganalisa dari segala segi dan bukan hanya ikut ikutan.

  7. Janma says:

    Kalau boleh saya tanya mbak Janma sudah berapa lama di Indonesia dan menjadi WNI?

    20 years.

  8. Janma says:

    Maka pada garis bawa untuk menilai seseorang pemimpin baik dan buruk kita harus selalu menganalisa dari segala segi dan bukan hanya ikut ikutan.

    Ini bukan masalah ikut ikutan saja. Ini masalah masa lalu yang ada sangkut pautnya dengan masa depan Indonesia. Orang Indonesia tidak tahu sejarah negara mereka sebenarnya. Menurut saya, selama tidak ada pembenaran sejarah, Indonesia tidak bisa maju dan kesalahan masa lalu akan ulang terus di masa depan.

  9. asmawi says:

    Dengan mohon maap yang sebesar2nya,saya ikut berkomentar di sini,kalau ada kata2 saya kurang berkenan tolong di maapkam para bapak2 mau pembmbaca YTH.

    1-Mengingat Tentang kehidupan pak Harto di kala dia memimpin Bangsa ini Sangat di segani oleh DUNIA dan Rakyatnya termasuk kata Gori di dunia cukup Makmur ,semenjak pak harto lenser dari tampuk kepemimpinan,Bahwa seluru raktyat Indonesia Bahkan Dunia tau Indonesia telah berganti 4x Presiden , Dari ke 4 presiden ini belum ada yang menandingi atau menyamailah kinerja Pak Harto,mala sebalik nya kalau saya nilai Hanya bisa Ngomong doang,tidakada tindakan yang Real di segalah Bidang (BBM,SEMBAKO,naik terus tidak terkendali,SEKTOR PEMBANGUNAN tidak ada PERTANIAN hancur-hancuran,KEAMANAN tidak terjaga,HARGA DIRI BANGSA di mata duia jatu tidak di segani PIMPINAN sekarang ini,termasuk dalam hal ini PERBATASAN,PULAU,TKI, bahkan tetang TORITORIAL KELAUTAN.Jadi saat ini saya menghimbau dan meminta siapapun yang menjadi pemipin Bangsa ini jadi lah pempin yang LUGAS dan TEGAS jangan banyak bicara banyak lah bertindak ,karna seorang pemimpin itu harus cepat dan tepat mengambil keputusa YA atau TIDAK,bukannya seorang pemimpin itu untuk menganalisa. INGAT ini kalau Indonesia ini mau maju dan di segani kembali Dunia…Jangan Takut Rakyat bersama mu….Mardekaaa……

    2-Pada suatu hari , Bulan dan Tahun. Bangsa Indonesia memetik sejarah baru ,tepatnya pda tanggal 14 Mei 1998,terjadi lah Demontrasi besar-besaran Semua Elemen Mahasiswa Bahkan Bapak AMIN RAIS mendapat gelar sebagai Bapak REPORMASI, turun kejalan meneriakan Repormasi menuntut Pak Harto Turun.nah dari semua ini telah kita rasa kan bersama dari thn1998 s/d 2008 apa yang telah kita rasakan bersama betapa susahnya hidup ini dari segalah sektor, adapun yang telah kita ketahui bukan rahasia umum lagi saat ini,para Anggota DPR,MPR,Pemimpin Bangsa bahkan para Elit Politik ,semua ini hanya lah mementingkan kolompok ,golongan maupun Individe,hanya cuma beberapa %nya memperhatikan Bangsanya… Terima kasih….

    ____________________

    Secoret tinta di Dunia Stelit.
    Saya pribadi ,sebagai rakyat kecil menghimbau dan mengajak segenap rakyat Indonsia dari sabang sampai Maroke mari saat nya kita sebagai anak bangsa yang mardeka dan berguna untuk memaapkan apa kesalahan yg selama ini di buat pak Harto semasa hidupnya mempin bangsa ini.Dan jangan lupa juga kita untuk mengenang Beliau, Beliau adalah sebagai Bapak Bangsa yang telah banyak bejasa membelah tanah air dan membangun Bangsa Indonesia yang tercinta ini.

    SALAM HORMAT BUAT Bp PRESIDEN,SBY,
    Di kala kita merenung dan menengok masa lampau,kondisi Indonesia pada erah tahun 45-70an keadaan bangsa Indonesia di kala itu sangat terpuruk di dunia kesetabilan Negara dan Ekonomi Inplasi mencapai 650, begitu beratnya sebagai seorang pemipin di kala itu.
    Adapun sekarang ini Bangsa indonesia, Pada Tanggal 27 Januari 2008,Bangsa Indonesia kehilangan Putra terbaik menghadap Sang Ilahi,Namun dengan kepergianya ini masi ada meninggal kan kesan yang kurang baik sebagai Anak Bangsa,KASUS2 KORUPSI di tuduh kan kepadanya,Allah Huallam,Dan dalam hal ini saya menghimabau kepada Bp Presiden sbgai orang No1 ,kiranya dapat Menghentikan Perkara Kasus2 ini semoga beliau beristirahat dengan tenag di sana,Yakinlah Bp Presiden mengambil keputusa ini tdak akan menurunkan,Derajat,Pepulerrita,Pamor dan lain sebagainya sbgi Presiden.
    Melain kan Bp jdi sebagai Pemimpin IsThebest,di mata Rakyat. Terima kasih.

    _____________________

    BANGSA YANG BAIK ADALAH BANGSA YANG MENGHAGAI JASA PAHLAWAN NYA.

    Ingat masa lalu sebagai landasan Untuk maju masa datang”¦Jangan terlena wahai para saudara- saudara ku di seluruh penjuru tanah air dengan ,Rayuan , Janji ,Dsb dengan lida tak bertulang, ini hanya menghina bobokan kita”¦”¦”¦.mari kita kritis berpikir,tegar ,lues,mawas diri,kreative,dan inopative”¦”¦.Maju terus pantang Mundur”¦”¦..Mardeka”¦”¦Mardeka”¦.Mardeka”¦”¦.Arek Palembang.

  10. Dragonwall says:

    20 years

    My family members and myself were doing business with Indonesia since I was 12 and that is approximately 48 years ago. So, we can only be comment and help find a way out and not criticise on the bad and forgetting the good.

    Orang Indonesia tidak tahu sejarah negara mereka sebenarnya. Menurut saya, selama tidak ada pembenaran sejarah, Indonesia tidak bisa maju dan kesalahan masa lalu akan ulang terus di masa depan.

    You correct from mistake and not make mistake repeat. They might not know as much history when the majority lacks the pre-requisite of an interlect and that is a big problem. But it is the top we are talking about who are more than wary about Indonesia’s past. They are there manipulating, whinning and sighing and ever ready to point the mistakes of their leaders in the his past doing.

    Mengingat Tentang kehidupan pak Harto di kala dia memimpin Bangsa ini Sangat di segani oleh DUNIA dan Rakyatnya termasuk kata Gori di dunia cukup Makmur
    karna seorang pemimpin itu harus cepat dan tepat mengambil keputusa YA atau TIDAK.

    This is what should have been done by the people and current political elites.

    BANGSA YANG BAIK ADALAH BANGSA YANG MENGHAGAI JASA PAHLAWAN NYA

    So whether he befits a hero of the Indonesian people is left to choice and opinion.

  11. Bogalakon says:

    Udahlah, jangan terlalu banyak memuji-muji Soeharto, kemana suara2 kalian waktu taun 1998?, giliran udah meninggal aja disanjung-sanjung, ga baek buat anak2 kita, kesannya negeri ini makin lama makin ancur, inget, masih banyak hal2 yang jadi lebih baik di negeri kita setelah lengsernya soeharto. Cuma kita nya aja yang ga bersyukur we don’t know what we got until it’s gone.

  12. Dragonwall says:

    Cuma kita nya aja yang ga bersyukur we don’t know what we got until it’s gone.

    Shit.. You are damn right. Yes damn it you don’t know how to appreciate and what you got until it’s gone

    Kalau anda tidak tahu menahu tentang apa yang ditulkis disini, jangan terlalu banyak omong begok. In blog adalah suatu blog untuk mengkomentar tentang baik dan buruk dalam kehidupan Soeharto. Kalau ngak ngerti jangan ikut ikutan dan bilang kata kata seperti puji memuji.

    Mana lu waktu kejadian 1998? Lagi ikut ikutan untuk merampas orang? yang dinamakan Warga negara Indonesia tetapi mereka adalah warga keturunan?

    Negara ini hancur karena orang seperti kamu, sebangsa yang mengerok uang negara dan mengajak dalam persekongkolan supaya lain juga ikut serta. Kalau ngak mana ada hal buruk terjadi.

    Tolong mengecek ke statistik dan memberithahukan kepada semua berapa persen didalam jabatan yang bernuansa bangsa lain selain pri.

    Think before you say anything, Bego Lakon. Jangan lupa blog ini sudah bermulai sebelum Soeharto meninggal. Hanya orang seperti kamu muncul setelah dia sudah meninggal.

  13. Bogalakon says:

    Dragonwall,

    Jangan mengalihkan pembicaraan ke soal rasial, gw ga ngungkit2 soal orang tionghoa atau ras manapun. Baca bener2 komentar gw.

    Gw cuma bilang kalo bangsa ini jangan terlalu larut dalam romantika masa lalu. Itu kebiasaan jelek, kebiasaan orang2 yang ga mensyukuri hidupnya, selalu mikir hidupnya semakin hari semakin buruk.

    Mana lu waktu kejadian 1998? Lagi ikut ikutan untuk merampas orang? yang dinamakan Warga negara Indonesia tetapi mereka adalah warga keturunan?

    Gw tau taun 1998 hampir ga ada orang yang pro sama Soeharto, ga ada sanjungan buat dia seperti sekarang, dan orang2 sekarang udah lupa kalo dulu dia diturunin bukan karena soal kediktatoran, bukan karena gara2 Timor-timur, bukan karena soal PKI, tapi dia diturunin justru karena dia ga bisa ngatasin masalah ekonomi, dia ga bisa nanggulangin krisis moneter, ga bisa nyegah kenaeakan harga sembako.
    Makanya gw heran, kalo sekarang orang bilang ekonomi Indonesia lebih baik waktu jaman Soeharto, trus kanapa dia dilengserin waktu taun 1998?

    Gw kasi komentar begini bukannya gw benci ama Soeharto, tapi gw benci ama orang-orang yang suka cuci tangan, ga konsisten sama perbuatan mereka sendiri.

  14. Dragonwall says:

    Gw kasi komentar begini bukannya gw benci ama Soeharto, tapi gw benci ama orang-orang yang suka cuci tangan, ga konsisten sama perbuatan mereka sendiri

    Kalo komentar seperti ini kami dapat menerima karena banyak yang mencuci tangan dan lupa cuci piring dan justru itu masyarakt di Indonesia sekarang menderita sesuatu dalam sejarah Indonesia belum pernah ada. Bahkan makin banyak pejabat setelah Soeharto lengser bisa menjadi lebih kaya berkali lipat dalam arti dalam milyaran dolar seperti Aburizal Bakrie. Coba kalian bangsa Indonesia dapat menunjuk dengan cara apa sehingga dapat berlipat ganda uang dari 1.2 milyar dolar sampai 5.4 milyar dolar dalam satu tahun apalagi dia masih berjabat sebagai menteri yang tak dapat bertugas lain semasa dalam jabatan pemerintahan.

    Soeharto dilengser bukan soal kelemahan ekonomi yang membuat sedemikian tetapi karena banyak fakta dari politik sehingga perebutan kedudukan Presiden yang mengakibatkan ada curiga dan pernah dibuktikan bahwa TNI yang dibeking oleh Wiranto, Prabowo dan Habibie yang memuncul suatu kudeta dan banyak yang jatuh korban yang sebenarnya tidak perlu. Kalau tidak terjadi kerusuhan malah rupiah masih dapat mengeliling di sekitar 5000 s/d 7000. Karena adanya kerusuhan rupiah sudah top 19000 dan nongeng antara 10000 s/d 15000 baru tindakkan BI yang harus menguras banyak duit untuk talangi ngedropnya rupiah. Oleh karena ekonomi Indonesia sudah lama tidak dapat teratasi sehingga sekarang enokomi semakin buruk dan rupiah anjlok terus. In bukanya akibat karena lengsernya Soeharto tetapi kegiatan money manager dan portfolio manager yang mengambil kesempatan dalam kesempitan sehingga intervensi dari BI juga percuma. Sekarang rupiah masih sekitar 9200 harga beli dan 10000 harga jual.

    kemana suara2 kalian waktu taun 1998

    Apakah ini bukan arti bahwa waktu dalam jaman Soeharto tidak ada yang bersuara.? Melihat dari segi ini, waktu jaman Soeharto rupiah tidak pernah menganjlok sampai seburuk gini! Keamanan dapat teratasi, kesejahteraan masyarakat hanya mengeluh karena ada sebagian harganya telah mulai menaik. Tidak seperti sekarang cari kerja susah,, makan susah, sekolah susah, pembelian tidak sanggup. Yang kaya makin kaya dan yang miskin lebih miskin.

    Gw cuma bilang kalo bangsa ini jangan terlalu larut dalam romantika masa lalu

    Kalau kita semua tidak dapat mengintrospeksi diri untuk lebih mengerti sejarah dalam kehidupan kita, apakah bangsa ini akan belajarr dan dapat retrospect untuk kemajuan?

    tapi dia diturunin justru karena dia ga bisa ngatasin masalah ekonomi, dia ga bisa nanggulangin krisis moneter, ga bisa nyegah kenaeakan harga sembako

    Soeharto tahu betapa bahaya kalau dia meninggal negara ini cuma dia tidak tahu adanya penghianat negara yang mengadakan suatu kudeta sehingga negara ini amburradur.

    Kita harus tahu bahwa krisis moneter adalah kerjaan barat yang melakukan suatu sabotase waktu lima negara di Asia mulai membangun termasuk Indonesia. Karena itu negara barat tidak dapat mengatasi ekonomi kalau ini lima negara melampiaskan kekuatan ekonomo terhadap negara barat maka Soros adalah suatu orang yang di tugas untuk membuat sabtase tersebut sehingga lima negara di Asia ini harus mulai dari nol dan ada negara seperti Indonesia terpaksa mundur ekonomi negara sekitar 15 tahun. Sembako adalah tugasnya Bulog dan enokomi adalah kegiatan Menko Ekuin dan BI.

    Namun sebagia kepala negara selalu akan dapat serangan oleh masyrakat jika kelakuan seseorang pejabat dalamm kementerian tidak dapat mengatasi masalah dalam skala besar. Apalagi waktu itu Indonesia menghadapi suatu capital flight keluar negeri karena banyak investor mulai menarik investasi dari negara ini.

    Kalau ekonomi Indonesia membaik itu tidak bener dan sudah 10 tahun tidak pernah ada pembangun atau kemajuan apapun. Laporan dari media massa adalah untuk menenang masyarakat dan tidak dapat dipercayai.

Comment on “Pengampunan Pak Harto”.

RSS
RSS feed
Email

Copyright Indonesia Matters 2006-20
Privacy Policy | Terms of Use | Contact